PROGRAM HOLISTIK INTGRATIF MODEL CIPP DI TK SE KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

  • Deni Susanti Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria IAI Sumatera Barat
Keywords: Evaluasi; Program holistik integratif; CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang Pelaksanaan program holistik integratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program holistik integratif dengan CIPP, sebab model CIPP dinilai sebagai model yang tepat dan komprehensif untuk mengevaluasi program. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method). Pengambilan sampel digunakan teknik Total Sampling. Prosedur penelititan yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 15 kepala sekolah, sedangkan data kualitatif melalui wawancara dengan informannya. Data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dianalisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, mendisplai data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pada aspek conteks dengan responden kepala sekolah sebesar 80,6% masuk kategori sangat baik dan dari aspek guru sebesar 80% masuk kategori sangat baik; (2) pelaksanaan Teaching pada aspek input dengan responden kepala sekolah sebesar 80,8% masuk kategori sangat baik dan dari aspek guru sebesar 75,6% masuk kategori baik; (3) pelaksanaan dari aspek proses dengan responden kepala sekolah sebesar 80,4% masuk kategori baik dan dari aspek guru sebesar 72,9% masuk kategori baik; (4) pelaksanaan dari aspek produk dengan responden kepala sekolah sebesar 80% masuk kategori baik dan dari aspek guru sebesar 76,1% masuk kategori baik.

References

[1] D. Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
[2] P. Setyosari, “Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. dalam Teknol. Pembelajaran, 2017, doi: 10.17977/um031v1i12014p020.
[3] Mulyasa, “Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013,” Bandung: Remaja Rosadakarya, 2013.
[4] F. Giantara, “Model pengembangan kompetensi guru abad 21,” Al-Mutharahah J. Penelit. Dan Kaji. Sos. Keagamaan, 2019.
[5] A. Wahyuni and S. Suyadi, “Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta,” Yaa Bunayya J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2020.
[6] R. Doyok, “Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 7, no. 3, pp. 73–82, 2021.
[7] S. Arikunto, Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Publisher, 2019.
[8] E. Citrowati and F. Mayar, “Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 3, no. 3, pp. 1207–1211, 2019.
[9] O.-J. Kim, “A study on the measures for managing the quality of curriculum of early childhood education department in college with the application of CIPP model based on PDCA,” J. Korea Converg. Soc., vol. 10, no. 1, pp. 215–226, 2019.
[10] D. L. Stufflebeam and G. Zhang, The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. Guilford Publications, 2017.
[11] I. Irfan, D. Dharsono, S. G. SP. Gustami, and G. Guntur, “Keramik Takalar 1981-2010: Ragam Bentuk dan Perubahan,” Panggung, 2019, doi: 10.26742/panggung.v29i1.815.
[12] S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
[13] S. Muyana, “Context Input Process Product (CIPP): Model Evaluasi Layanan Informasi,” in Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 2017, vol. 1, no. 1, pp. 342–347.
[14] Y. B. Bhakti, “Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. Dan Ris. Ilmiah), vol. 1, no. 2, pp. 75–82, 2017.
[15] G. P. A. Oka, Model Konseptual Pengembangan Produk Pembelajaran: Disertai Teknik Evaluasi. Arya Oka, 2017.
Published
2021-12-30
How to Cite
Susanti, D., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). PROGRAM HOLISTIK INTGRATIF MODEL CIPP DI TK SE KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2631-2638. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1138
Section
Articles