POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA BANDUNGREJO KALINYAMATAN JEPARA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pola asuh orang tua dapat mempengaruhi motivasi belajar anak di Desa Bandungrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Dengan mengambil subjek orang tua siswa, dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah tiga dari lima orang tua menggunakan pola asuh demokratis, satu dari lima orang menggunakan pola asuh permisif dan sisanya menggunakan pola asuh otoriter. Kesimpulan penelitian ini adalah pola asuh orang tua mempengaruhi motivasi belajar anak. Anak dengan tingkat motavsi belajar tinggi cenderung orang tua menggunakan pola asuh demokratis, sedangkan anak dengan tingkat kemandirian yang rendah cenderung orang tua menggunakan pola asuh permesif.
References
[2] Euis, S. (2004). Mengasuh anak dengan hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Pesona PAUD, Vol. 1 No. 1.
[3] Fauziah Amni. Dkk. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 4, No. 2, 1-7.
[4] Hamdu Ghullam. Dkk. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12, No.1, 90-97.
[5] Hamzah. B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
[6] Handayani. Rekno. 2019. Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Di Keluarga Dan Sekolah Siswa Sd 1 Gulang. Kudus. Universitas Muria Kudus.
[7] Kompri, 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
[8] Lathifah, Zahra Khusnul.dkk. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Tarikolot 06 Bogor. UNES Journal of Education Scienties. 1(1):107-115.
[9] Munib,Achmad.2012.Pengantar Ilmu Pendidikan.Semarang: UPT UNNES Press. Jurnal Kreatif Februari 2017.
[10] Muslima. 2015. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Journal Of Child And Gender Studis, Vol.1 No. 1.
[11] Mussen, P. (1994). Perkembangan dan kepribadian anak. Jakarta: Archan.
[12] Mutiah, Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Pernada Media Group, Pesona PAUD, Vol I, No 1
[13] Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafinso Persada.
[14] Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pt Rineka Cipta, Vol. 12 No. 1, April 2011
[15] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
[16] Suharjo.2006.Mengenal Pendidikan Seko Lah Dasar Teori Dan Praktek. Jakart A:Direktorat Jenderal Pendidikan Ti Nggi, Volume. 4, No. 1, Februari 2015.
[17] Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152-160.
[18] Syamaun, Nurmasyithah. 2012. Dampak Pola Asuh Orang Tua & Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
[19] Tridhonanto, Al dan Beranda Agncy. 2014. Mengmbangkan Pola Asuh Demokraktis. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
[20] Wibowo, Agus, Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[21] Winarjako, Jarot., Setiawati, Ester. 2016. Ayah Baik-Ibu Baik Parenting Era Digital Pengaruh Gadget dan Perilaku Terhadap Kemampuan Anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia Bumi Bintaro Permai.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.