HUBUNGAN PENDIDIKAN IBU, PENGETAHUAN, SIKAP DAN POLA ASUH TERHADAP STATUS GIZI ANAK

  • Noval Ichsan Casando STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Abul Ainin Hapis STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Cici Wuni STIKES Harapan Ibu Jambi
Keywords: Gangguan Gizi Pada Anak

Abstract

Anak usia 12-59 merupakan masa yang rentan mengalami gangguan salah satunya gizi kurang/buruk. Banyak faktor yang dapat mempengaruhinya salah satunya pengetahuan, sikap, pendidikan dan pola asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi anak 12-59 bulan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu balita yang berkunjung di Puskesmas Paal Merah Kota Jambi Tahun 2019 yang berjumlah 875 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 90 orang. Analisa dalam penelitian ini secara univariat dan bivariat, dengan uji chi-square, instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa terdapat 66 (73,3%) balita memiliki status gizi dalam kategori baik, terdapat 49(54,4%) ibu berpendidikan SMA/sederajat, terdapat 62 (68,9%) ibu berpengetahuan baik, terdapat 58 (64,4%) besar ibu memiliki sikap baik dan terdapat 62 (68,9%) ibu memiliki pola asuh yang baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara  pengetahuan, sikap dan pola asuh terhadap status gizi anak 12-59 bulan dan tidak terdapat hubungan  antara pendidikan terhadap status gizi anak 12-59 bulan di Puskesmas Paal Merah II  Kota Jambi Tahun 2021. Faktor yang berhubungan dengan status gizi adalah pengetahuan, sikap dan pola asuh.

References

[1] Almatsier. (2014). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[2] Effendi, N., & Widiastuti, H. (2014). Jurnal Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 7(2), 353–360. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v7i2.54
[3] Izhar, M. D. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Dengan Pola Asuh Makan Terhadap Status Gizi Anak Di Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 1(2), 61–75. https://doi.org/10.22437/jkmj.v1i1.6531
[4] Jannah. (2014). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Posyandu Bangunsari Semin Gunung Kidul. Jurnal Kebidanan Indonesia. Vol.6, No.1. https://doi.org/10.18196/jmmr.6130
[5] Kemenkes. (2020). Kemenkes Tingkatkan Status Gizi Masyarakat. Jakarta.
[6] Marmi. (2014). Gizi dalam Kesehatan Reproduksi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[7] Putri, R. F., Sulastri, D., & Lestari, Y. (n.d.). Artikel Penelitian Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. 4(1), 254–261.
[8] Dengan Status Gizi Pada Balita. Jurnal Mahasiwa Kesehatan, 1(2), 151–158. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jumakes/article/download/768/693
[9] Sholikah, A., Rustiana, E. R., & Yuniastuti, A. (2017). Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Balita di Pedesaan dan Perkotaan. Public Health Perspective Journal, 2(1), 9–18.
[10] Soetjoningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Published
2021-12-30
How to Cite
Casando, N., Hapis, A., & Wuni, C. (2021). HUBUNGAN PENDIDIKAN IBU, PENGETAHUAN, SIKAP DAN POLA ASUH TERHADAP STATUS GIZI ANAK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2429-2432. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1122
Section
Articles