EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DI TK AL-HUFFAZH PAYAKUMBUH

  • Rupnidah Rupnidah Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria IAI Sumatera Barat
Keywords: Evaluasi, PAUD, Holistik Integratif

Abstract

Program PAUD HI merupakan hal yang sangat penting dalam keberlangsungan pendidikan anak usia dini. Anak usia dini berhak untuk  tumbuh dan berkembang dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak. Program PAUD HI anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia dini. Tk al-Huffazh merupakan sekolah yang mempunyai murid cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PAUD HI di TK Al-Huffazh. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala satuan pendidikan TK Al-Huffazh, kepala sekolah, guru dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kendala dalam pelaksanaan program, di mana dalam hal gizi, yang mana orang tua tidak memperhatikan gizi anak di rumah, padahal di sekolah selalu ada sosialisasi tentang gizi anak. TK Al-Huffazh telah melaksanakan program PAUD HI, pada saat pembelajaran di sekolah tidak ada masalah, namun nanti terjadi ketimpangan apabila tidak ada singkronisasi antara orang tua dan pihak sekolah dalam program PAUD HI ini

References

[1] A. M. Sa’adiyyah and S. Kulsum, “Peran Dinas Pendidikan Kabupaten Serang dalam Mengimplementasikan Program Wajib Belajar 9 (Sembilan) Tahun untuk Memenuhi Hak Belajar Anak,” Pro Patria J. Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sos. Dan Polit., vol. 4, no. 1, pp. 20–33, 2021.
[2] I. Maulina and A. Budiyono, “Peran Keluarga dalam Pengelolaan Emosi Anak Usia Golden Age di Desa Gambarsari,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 7, no. 1, pp. 21–28, 2021.
[3] D. A. Oktaviani and Dimyati, “Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1870–1882, 2021.
[4] H. Baharun, “Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren,” Ulumuna, vol. 21, no. 1, pp. 57–80, 2017.
[5] A. C. P. Harahap, “Character Building Pendidikan Karakter,” J. AL-IRSYAD, vol. 9, no. 1, 2019.
[6] C. N. Irma, K. Nisa, and S. K. Sururiyah, “Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 214–224, 2019.
[7] S. Sapiah, “The Influence of Online Learning on the Formation of Children’s Character in Fathinah Kindergarten, Majene Regency,” Kresna Soc. Sci. Humanit. Res., vol. 2, pp. 19–27, 2021.
[8] R. A. Rahma, M. Ishaq, Y. Affriyenni, and S. Hidayati, Pengembangan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Virtual Learning Dalam Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini. Bayfa Cendekia Indonesia, 2021.
[9] L. R. P. Windarta, “Pendidikan Kesehatan, Gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” GENIUS Indones. J. Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2021.
[10] D. Jumiatin, C. A. Windarsih, and A. Sumitra, “Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta,” Tunas Siliwangi J. Progr. Stud. Pendidik. Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2020.
[11] E. Sugian, F. Fahruddin, and A. H. Witono, “Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 7, no. 3, 2021.
[12] I. Islamiyah, F. B. Awad, and L. Anhusadar, “Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB): Konseling Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini,” Zawiyah J. Pemikir. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 38–55, 2020.
[13] K. Hajati, “Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2018.
[14] I. N. T. Astawa, “Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di Indonesia,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 2, pp. 197–205, 2017.
[15] T. Noor, “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003,” Wahana Karya Ilm. Pendidik., 2018.
[16] D. K. Putri, M. Handayani, and Z. Akbar, “Pengaruh media pembelajaran dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 649–657, 2020.
[17] M. Nugraha, “Pola Pembinaan Narapidana di Lapas Paledang Bogor Sebagai Pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan,” J. Yustisi, 2017.
[18] R. Eliyasni, M. P. Rahmatina, and M. Habibi, Perkembangan Belajar Peserta Didik. Literasi Nusantara, 2020.
[19] E. Krisnanik, T. Rahayu, and D. L. Tobing, “Desain Model Basisdata Monitoring Perawatan dan Perkembangan Kesehatan Anak Paud Melalui Metode Holistik Integratif,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 15, no. 3, pp. 113–122, 2020.
[20] M. Rizkiyana and I. Ilyas, “Implementasi Program Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Ananda,” J. Fam. Life Educ., vol. 1, no. 1, pp. 20–35, 2021.
[21] V. L. D. Pasaribu, A. Dwiyatni, C. Sabina, M. Ridwan, D. D. Gunawan, and B. C. Noviani, “Evaluasi Penerapan 3M Dimasa Pandemic Covid 19,” J. Abdimas Tri Dharma Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 54–60, 2021.
[22] T. Aprilyani and Q. K. Anwar, “Manajemen berbasis masyarakat dalam pengelolaan PAUD,” J. Nusant. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2021.
[23] N. M. Rachman, “Evaluasi Penyelenggaraan Webinar: Strategi UMKM Korea Selatan Bertahan Dalam Pandemi COVID-19,” Cendekia Niaga, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2020.
[24] Y. B. Bhakti, “Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. Dan Ris. Ilmiah), vol. 1, no. 2, pp. 75–82, 2017.
[25] F. Ngadi and Z. Anu, “Evaluasi Program Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Pendidik Paud,” Jambura J. Community Empower., pp. 30–43, 2020.
[26] G. P. A. Oka, Model Konseptual Pengembangan Produk Pembelajaran: Disertai Teknik Evaluasi. Arya Oka, 2017.
[27] E. W. Kurniawati, “Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product),” GHAITSA Islam. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2021.
[28] I. Djuanda, “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process dan Output),” Al Amin J. Kaji. Ilmu dan Budaya Islam, vol. 3, no. 1, pp. 37–53, 2020.
Published
2021-12-30
How to Cite
Rupnidah, R., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF DI TK AL-HUFFAZH PAYAKUMBUH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2373-2380. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1118
Section
Articles