PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PENYELENGGARAAN LEMBAGA PAUD TENTANG PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DI NAGARI TARAM

  • Rini Aulia Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria IAI Sumatera Barat
Keywords: Model Evaluasi CIPP, PAUD, Holistik Integratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi perpres no 60 tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif di Nagari Taram. Subjek penelitian adalah lembaga PAUD di Nagari Taram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan evaluasi CIPP dan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian yakni kepala sekolah sebagai informan utama, serta bagian tenaga administrasi sebagai informan triangulasi. Teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi Pendidikan Haolistik Integratif belum terpenuhi secara optimal, seperti belum sempurnanya penyelenggaraan Gizi yang tidak sesuai dengan standar gizi oleh anak usia ini. Evaluasi CIPP digunakan sebagai pengoptimalan kelemahan dari penerapan Pendidikan Holistik Integratif pada beberapa lembaga PAUD di Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

References

[1] T. Aprilyani and Q. K. Anwar, “Manajemen berbasis masyarakat dalam pengelolaan PAUD,” J. Nusant. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2021.
[2] S. H. Mokh Thoif, Tinjauan Yuridis Pendidik Nonformal dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Scopindo Media Pustaka, 2021.
[3] A. T. Santriati, “Perlindungan Hak Pendidikan Anak Terlantar Menurut Undang Undang Perlindungan Anak,” J. El Wahdah, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2020.
[4] Y. Yenti and A. Maswal, “Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 2045–2051, 2021.
[5] E. Sugian, F. Fahruddin, and A. H. Witono, “Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 7, no. 3, 2021.
[6] A. Parapat, Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini: Upaya Menumbuhkan Perilaku Prososial. EDU PUBLISHER, 2020.
[7] E. Krisnanik, T. Rahayu, and D. L. Tobing, “Desain Model Basisdata Monitoring Perawatan dan Perkembangan Kesehatan Anak Paud Melalui Metode Holistik Integratif,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 15, no. 3, pp. 113–122, 2020.
[8] S. Trihantoyo, M. Nursalim, and E. Roesminingsih, “Pemetaan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Muslimat Nahdlatul Ulama,” J. Penjaminan Mutu, vol. 6, no. 2, pp. 229–239, 2020.
[9] Y. Srihartini, I. Wasliman, Y. Iriantara, and R. S. Sauri, “Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kabupaten Bogor,” Reslaj Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 3, no. 2, pp. 251–267, 2021.
[10] L. J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2021.
[11] H. A. C. Kintu, “The Relationship Between Program Evaluation Purposes And The Use Of Its Findings In Selected Chartered Christian Universities In Kenya,” African J. Emerg. Issues, vol. 3, no. 3, pp. 105–128, 2021.
[12] S. Suhelayanti et al., Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
[13] N. Nurdin, “Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 982–993, 2020.
[14] D. R. Saalman, “Objectives driven participatory evaluation model,” J. Mod. Appl. Stat. Methods, vol. 18, no. 2, p. 14, 2020.
[15] N. M. Rachman, “Evaluasi Penyelenggaraan Webinar: Strategi UMKM Korea Selatan Bertahan Dalam Pandemi COVID-19,” Cendekia Niaga, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2020.
[16] D. A. Oktaviani and Dimyati, “Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1870–1882, 2021.
[17] D. Jumiatin, C. A. Windarsih, and A. Sumitra, “Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta,” Tunas Siliwangi J. Progr. Stud. Pendidik. Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2020.
[18] M. Rizkiyana and I. Ilyas, “Implementasi Program Bina Keluarga Balita Holistik Integratif Ananda,” J. Fam. Life Educ., vol. 1, no. 1, pp. 20–35, 2021.
[19] A. Annisa, “Analisis Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual di Abad 21,” Mitra Ash-Shibyan J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 01, pp. 31–46, 2021.
[20] M. A. Hente and A. Salam, “Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Anak Usia Dini di Kelompok B Paud Citra Lestari,” J. Kolaboratif Sains, vol. 4, no. 3, pp. 146–149, 2021.
[21] H. Wulandari and R. Pangastuti, “Pengembangan Aplikasi Kesehatan Berbasis Mobile Untuk Pemantauan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak Usia 4-6 Tahun,” Al-Athfaal J. Ilm. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 98–111, 2020.
[22] L. Nurmiyanti, “Revitalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini untuk Menciptakan Generasi Unggul,” JECIES J. Early Child. Islam. Educ. Study, vol. 2, no. 1, pp. 18–37, 2021.
[23] H. Widodo, Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin, 2020.
[24] S. Arikunto, Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara, 2021.
[25] E. W. Kurniawati, “Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product),” GHAITSA Islam. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2021.
[26] L. R. P. Windarta, “Pendidikan Kesehatan, Gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” GENIUS Indones. J. Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2021.
[27] U. H. Salsabila, “Teori Ekologi BronfenBrenner sebagai Sebuah Pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam,” Al-Manar, vol. 7, no. 1, 2018.
[28] R. Novianti, “Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak dengan Disabilitas,” Incl. J. Spec. Educ., vol. 2, no. 1, 2021.
[29] A. Y. We and P. Y. Fauziah, “Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau ‘Manjujai’ untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1339–1351, 2020.
[30] S. F. Achmad, M. Mustari, and D. Manda, “Sinergitas Orang Tua dan Guru dalam Pengasuhan Anak Berkarakter di Era Digital Kabupaten Maros,” Phinisi Integr. Rev., vol. 4, no. 3, 2021.
[31] M. H. Zubaidillah, “Teori-teori Ekologi Psikologi, dan Sosiologi untuk Menciptakan lingkungan Pendidikan Islam,” Director, 2018.
[32] L. Assagaf, “PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI PAUD,” J. Al-Hikmah, vol. 1, no. 1, 2020.
Published
2021-12-30
How to Cite
Aulia, R., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PENYELENGGARAAN LEMBAGA PAUD TENTANG PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF DI NAGARI TARAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2363-2372. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1117
Section
Articles