MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI FUNGSI PENDIDIKAN

  • Nurhayani Nurhayani Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria IAI Sumatera Barat
Keywords: model evaluasi CIPP, Pendidikan karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di TK AL-Huffazh ditinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan model evaluasi CIPP. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 responden. Data dianalisis menggunakan analisis kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas komponen konteks dengan kriteria sangat efektif, efektivitas komponen input dengan kriteria sangat efektif, efektivitas komponen proses dengan kriteria sangat efektif dan efektivitas komponen produk dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan efektivitas Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di TK Al-Huffazh dikategorikan sangat efektif.

References

[1] A. Sulianti, R. M. Safitri, and Y. Gunawan, “Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa,” Integralistik, vol. 30, no. 2, pp. 100–106, 2019.
[2] R. N. Oktaviani, W. Trisnawaty, and I. T. Hariyani, “Pemberdayaan Griyo Maos Banyu Ilmu untuk Meningkatkan Softskill dan Hardskill Anak Dusun Rembukidul, Mojokerto,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 3, pp. 815–822, 2020.
[3] R. Devianti, S. L. Sari, and I. Bangsawan, “Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini,” Mitra Ash-Shibyan J. Pendidik. dan Konseling, vol. 3, no. 02, pp. 67–78, 2020.
[4] R. Doyok, “Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi,” Ideas J. Pendidikan, Sos. dan Budaya, vol. 7, no. 3, pp. 73–82, 2021.
[5] T. Noor, “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003,” Wahana Karya Ilm. Pendidik., 2018.
[6] Y. Yenti and A. Maswal, “Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 2045–2051, 2021.
[7] F. Fithriyaani, D. Y. Yudhyarta, and S. Syarifudin, “Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Asatiza J. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 138–150, 2021.
[8] A. Atika, “Pendidikan Karakter Sebagai Solusi Perbaikan Akhlak,” J. Pendidik. Guru, vol. 2, no. 2, 2021.
[9] P. Adyanto, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menjadi Lebih Mandiri Melalui Bermain Bahan Alam,” Almufida J. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 3, no. 1, 2018.
[10] S. Mollborn, E. Lawrence, and E. D. Root, “Residential mobility across early childhood and children’s kindergarten readiness,” Demography, vol. 55, no. 2, pp. 485–510, 2018.
[11] K. A. Imania and S. K. Bariah, “Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring,” J. PETIK, 2019, doi: 10.31980/jpetik.v5i1.445.
[12] Y. B. Bhakti, “Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. Dan Ris. Ilmiah), vol. 1, no. 2, pp. 75–82, 2017.
[13] A. S. Fuadi and M. Anas, “Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi,” in Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 2019, vol. 3, pp. 316–324.
[14] D. L. Stufflebeam and G. Zhang, The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. Guilford Publications, 2017.
[15] M. Basaran, B. Dursun, H. D. Gur Dortok, and G. Yilmaz, “Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model.,” Pedagog. Res., vol. 6, no. 2, 2021.
[16] O.-J. Kim, “A study on the measures for managing the quality of curriculum of early childhood education department in college with the application of CIPP model based on PDCA,” J. Korea Converg. Soc., vol. 10, no. 1, pp. 215–226, 2019.
[17] K. Kartina, I. Suntoro, and E. Siswanto, “Implementasi Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter,” J. Kult. Demokr., vol. 5, no. 1, 2019.
[18] P. R. P. Jaya and F. Ndeot, “Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif,” PERNIK J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 10–25, 2019.
[19] M. Shoheh and A. Ahmad, “Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks Fungsi, Tujuan dan Manfaat Yang Dilakukan oleh Pendidik (Telaah Evaluasi Pembelajaran dalam Mapel Pendidikan Agama Islam),” AHSANA MEDIA J. Pemikiran, Pendidik. dan Penelit. Ke-Islaman, vol. 5, no. 2, pp. 25–33, 2019.
[20] I. Djuanda, “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process dan Output),” Al Amin J. Kaji. Ilmu dan Budaya Islam, vol. 3, no. 1, pp. 37–53, 2020.
[21] Y. Christiani, “Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013,” J. Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 1, 2018.
[22] F. Fahruddin, “Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP),” Hist. J. Progr. Stud. Pendidik. Sej., vol. 8, no. 2, pp. 199–211, 2020.
[23] S. Muyana, “Context Input Process Product (CIPP): Model Evaluasi Layanan Informasi,” in Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 2017, vol. 1, no. 1, pp. 342–347.
[24] M. D. J. Ilyasa and A. Madjid, “Evaluasi Program Terapi Al-Qur’an Melalui Model Context, Input, Process, Product (CIPP),” Intiqad J. Agama dan Pendidik. Islam, vol. 13, no. 1, pp. 135–154, 2021.
Published
2021-12-30
How to Cite
Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI FUNGSI PENDIDIKAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353-2362. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1116
Section
Articles