EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN MODEL CIPP DI NAGARI PANDAM GADANG KECAMATAN GUNUANG OMEH

  • Netriwinda Netriwinda Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria IAI Sumatera Barat
Keywords: Holistik Integratif; CIPP; Evaluasi

Abstract

Program PAUD HI secara optimal melalui pendidikan PAUD yang berkolaborasi dengan puskesmas, orang tua dan pihak lainnya yang dianggap perlu, karena melalui program ini program PAUD HI akan berjalan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu cara untuk mengetahui keberhasilan suatu program adalah dengan melakukan asesmen. Penelitian ini untuk bertujuan untuk mengevaluasi implementasi keberlangsungan PAUD HI di PAUD-PAUD yang berada di nagari pandam gadang kecamatan gunuang omeh dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process & Product). Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru PAUD. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Evaluasi Context sudah baik, ada kesesuaian antara program dengan visi dan misi institusi, (2) Evaluasi input sudah baik, faktor sarana dan prasara pendukung yang memadai, (3) Evaluasi process cukup, perlu diperbaiki jadwal pelaksanaan, (4) Evaluasi product sudah baik, ada pemberian sertifikat sebagai tanda mengikuti kegiatan dengan mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu diperbaiki beberapa factor penghambat agar pelaksanaan program PAUD HI bisa berjalan lancer sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

References

[1] D. Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
[2] N. E. Sari and D. Suryana, “Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development,” JPUD - J. Pendidik. Usia Dini, 2019, doi: 10.21009/10.21009/jpud.131.04.
[3] I. D. Kurnia, I. Krisnana, P. D. Rachmawati, Y. S. Arief, and F. N. Yuliati, “Education And Training Through Minimovie Media As A Prevention Of Sexual Violence In School Age Children,” J. Pengabdi. Masy. Dalam Kesehat., vol. 3, no. 2, 2021.
[4] L. Latiana, S. Samsudi, S. Sugiyo, and S. Slameto, “Developing Collaboration-Based Supervision Model to Enhance the Professionalism of Early Childhood Education Teachers,” J. Educ. Dev., vol. 6, no. 1, pp. 132–143, 2018.
[5] Nurhijrah and S. Suryana, “Pengembangan Kompetensi Guru menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemic Covid-19,” J. Mediat., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.26858/jmtik.v3i2.14360.
[6] H. Zaini and K. Dewi, “Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, 2017.
[7] E. Sarinastitin, “Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini,” Early Child. Educ. J. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 11–17, 2019.
[8] I. K. Sudarsana, “Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini,” Purwadita J. Agama dan Budaya, vol. 1, no. 1, 2018.
[9] Z. Maiza and N. Nurhafizah, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 356–465, 2019.
[10] S. Sugiyanto and R. Ruknan, “Pengaruh Kepemimpinan, Keterampilan Manajerial, Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Jenderal Paud Dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud,” J. Lentera Pendidik. Pus. Penelit. Lppm Um Metro, vol. 5, no. 1, pp. 37–46, 2020.
[11] S. L. Sari, R. Devianti, and S. NUR’AINI, “Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak,” Educ. Guid. Couns. Dev. J., vol. 1, no. 1, pp. 16–31, 2018.
[12] F. Juniarti, D. Jumiatin, and A. A. Ariyanto, “Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di RA Al Hidayah Bandung,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 1, no. 5, pp. 1–6, 2019.
[13] S. Anawati, “Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika,” in SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2021, vol. 2, no. 1.
[14] I. Irfan, D. Dharsono, S. G. SP. Gustami, and G. Guntur, “Keramik Takalar 1981-2010: Ragam Bentuk dan Perubahan,” Panggung, 2019, doi: 10.26742/panggung.v29i1.815.
[15] L. R. P. Windarta, “Pendidikan Kesehatan, Gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” GENIUS Indones. J. Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2021.
[16] D. Jumiatin, C. A. Windarsih, and A. Sumitra, “Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta,” Tunas Siliwangi J. Progr. Stud. Pendidik. Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2020.
[17] E. Sugian, F. Fahruddin, and A. H. Witono, “Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 7, no. 3, 2021.
[18] E. S. Han, “A. goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee,“,” Diabetes Melitus,” J. Chem. Inf. Model, 2019.
[19] K. Hajati, “Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2018.
[20] S. Arikunto, Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Publisher, 2019.
[21] F. Ngadi and Z. Anu, “Evaluasi Program Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Pendidik Paud,” Jambura J. Community Empower., pp. 30–43, 2020.
Published
2021-12-30
How to Cite
Netriwinda, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DENGAN MODEL CIPP DI NAGARI PANDAM GADANG KECAMATAN GUNUANG OMEH. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2343-2352. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1115
Section
Articles