IMPLEMENTASI MODEL CIPP DALAM PELAKSANAAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI NAGARI SARILAMAK KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

  • Yosi Isratati Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang
  • Mega Adyna Movitaria IAI Sumatera Barat
Keywords: Holistik Integratif, CIPP, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Program Holistik Integratif menjadi hal yang sangat penting dalam keberlangsungan Pendidikan Anak usia Dini. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberlangsungan PAUD HI pada lembaga PAUD di nagari sarilamak kecamatan harau kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunnakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Dalam penerapan model CIPP digunakan pendekatan analisis komparatif untuk membandingkan setiap data indikator PAUD HI dengan data standar-standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Data diperoleh melalui analisis dokumen dan wawancara secara terstruktur kepada 2 orang kepala sekolah sebagai repsonden yang salah satunya Ketua IGTKI PGRI kecamatan Harau. Hasil penelitian memperoleh rerata nilai dari setiap komponen CIPP yaitu 97% dengan kategori sangat efektif. Perolehan ini dicapai dengan beberapa strategi yakni dengan pelaksanaan evaluasi secara berkala disetiap indikator PAUD HI. Sehingga dengan adanya evaluasi kurikulum ini banyak hal yang dapat dipelajari dari setiap indikator untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian yang telah diraih.

References

[1] N. Sudjana, “Dasar-dasar proses belajar,” J. Pendidik., 2013.
[2] V. D. Setyawati, “Perubahan Paradigma Orangtua Dalam Kesadaran Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Pengabdi. Masy. IPTEKS, vol. 5, no. 1, pp. 22–29, 2019.
[3] D. A. Oktaviani and Dimyati, “Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1870–1882, 2021.
[4] Y. Yenti and A. Maswal, “Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 2045–2051, 2021.
[5] R. Rizqiyyatunnisa and N. I. Mahdi, “Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal dan Informal Di KB TK IK Keluarga Ceria,” BUHUTS AL-ATHFAL J. Pendidik. dan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 54–78, 2021.
[6] D. Jumiatin, C. A. Windarsih, and A. Sumitra, “Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta,” Tunas Siliwangi J. Progr. Stud. Pendidik. Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2020.
[7] S. Syaparuddin, M. Meldianus, and E. Elihami, “Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 30–41, 2020.
[8] M. A. Monica and Y. Yaswinda, “Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 643–653, 2021.
[9] D. R. H. S. Muri’ah and K. Wardan, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Literasi Nusantara, 2020.
[10] A. Wahyuni and S. Suyadi, “Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta,” Yaa Bunayya J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2020.
[11] E. Sugian, F. Fahruddin, and A. H. Witono, “Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 7, no. 3, 2021.
[12] S. Mardliyah, W. Yulianingsih, and L. S. R. Putri, “Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 576, 2020.
[13] F. Ngadi and Z. Anu, “Evaluasi Program Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Pendidik Paud,” Jambura J. Community Empower., pp. 30–43, 2020.
[14] T. M. Ikhsan, “The Evaluation Program Development Of Tennis In West Sumatra,” J. Pelita Ilmu Keolahragaan, vol. 1, no. 01, pp. 69–85, 2020.
[15] N. M. Rachman, “Evaluasi Penyelenggaraan Webinar: Strategi UMKM Korea Selatan Bertahan Dalam Pandemi COVID-19,” Cendekia Niaga, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2020.
[16] R. A. Purba et al., Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2021.
[17] I. Djuanda, “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process dan Output),” Al Amin J. Kaji. Ilmu dan Budaya Islam, vol. 3, no. 1, pp. 37–53, 2020.
[18] M. Bisri, “Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum,” Pros. Nas., vol. 3, pp. 99–110, 2020.
Published
2021-12-30
How to Cite
Isratati, Y., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. (2021). IMPLEMENTASI MODEL CIPP DALAM PELAKSANAAN PAUD HOLISTIK INTEGRATIF DI NAGARI SARILAMAK KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2333-2342. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1114
Section
Articles