TANTANGAN BIROKRASI DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PUBLIK

  • Wieky Rusmanto Program Studi Administrasi Negara, Universitas Nurtanio
Keywords: Birokrasi, Pandemi Covid-19, Pelayanan Publik

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan termasuk birokrasi pemerintahan yang mana menjadi organisasi utama dalam memberikan pelayanan publik, didasarkan kepada hal tersebut artikel ini mengkaji mengenai bagaimana birokrasi menjalankan fungsinya di masa pandemi Covid-19 yang dilihat dari perspektif administrasi publik. Artikel ini merupakan artikel dengan jenis penelitian studi kepustakaan yang mana sumber data berasal dari sumber data sekunder seperti dari buku dan artikel jurnal. Hasil analisis menunjukan bahwa birokrasi di masa pandemi Covid-19 menghadapi 2 (dua) tantangan utama, yaitu bagaimana secara internal memastikan sumber daya yang ada dapat menjalankan kewajibannya sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dan secara internal bagimana birokrasi mampu memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang mana adanya batasan kondisi yang mengharuskan pemberian pelayanan publik didasarkan kepada protokol kesehatan Covid-19. Kondisi ini menjadi kesempatan bagi birokrasi untuk dapat menyusun berbagai cara alternatif guna memastikan pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat dapat berjalan dengan optimal.

References

[1] Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, “Apa yang Harus Kamu Ketahui?,” Jakarta, 2020.
[2] B. Istianto, Manajemen Pemerintahan: Dalam Perspektif Pelayanan Publik, Edisi Kedu. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2011.
[3] L. Romli, “Masalah Reformasi Birokrasi,” J. Kebijak. dan Manaj. PNS, vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2008.
[4] Firdaus, “Birokrasi dan Implementasi Program,” J. Ecomet Glob., vol. 3, no. 2, pp. 115–125, 2018.
[5] Muhammad, Birokrasi (Kajian Konsep, Teori menuju Good Governance). Sulawesi: Unimal Press, 2018.
[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.
[7] Worldometer, “COVID-19 Coronavirus Pandemic,” worlometer.info, 2020. [Online]. Available: https://www.worldometers.info/coronavirus/. [Accessed: 11-Apr-2020].
[8] D. Herdiana, “Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Kebijakan Vaksinasi Covid19: Kajian Konstruksi Penilaian,” in Manajemen Strategis pada Sektor Publik: Capacity Building dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Aparatur Menghadapi Governance Crisis Akibat Pandemi COVID-19, 2020.
[9] D. Herdiana, “Implementasi Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Sebagai Upaya Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” Decis. J. Adm. Publik, vol. 2, no. 2, pp. 1–14, 2020.
[10] Rosidah, “Patologi Birokrasi dalam Organisasi Publik dan Upaya Mecegahnya,” J. Inf., vol. XXX1, no. 1, pp. 63–69, 2005.
[11] D. Supratman, “Budaya Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Rangkagood Governance Menuju Birokrasi Berkelas Dunia,” J. Adm. Publik, vol. XIV, no. 2, pp. 102–108, 2018.
Published
2021-12-30
How to Cite
Rusmanto, W. (2021). TANTANGAN BIROKRASI DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PUBLIK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2613-2620. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1095
Section
Articles