EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM PARENTING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI TK AR-RASYID

  • Lisfa Yanti Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
Keywords: CIPP,parenting,Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh sering terjadinya ketidak singkronan antara pendidikan di sekolah dan di rumah, orang tua merasa cara mendidik putra putrinya sudah merupakan cara yang benar, namun banyak terjadinya ketimpangan dalam pengetahuan orang tua denga ilmu yang dimiliki oleh pendidik dalam mendidik Anak Usia Dini. Hal ini merupakan kondisiyang perlu mendapat perhatian khusus dan upaya serius. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi anak didik dengan mengadakan kegiatan parenting seperti pemberian seminar kpada orang tua dengan mendatangkan ahli, mengadakan kegiatan bersama seperti outbond dan melaksanakan kegiatan kunjungan kelas oleh oran tua secara bergilir. Tulisan ini bertujuan merancang model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program Parenting di TK Ar-Rasyid. Uraian tentang terminologi evaluasi dan evaluasi program ditempatkan pada awal tulisan agar pembaca dapat melihat jalannya program Parenting di TK Ar-Rasyid. Selanjutnya, diuraikan tentang model evaluasi CIPP. Pemahaman tentang empat komponen evaluasi CIPP menjadi kunci untuk menerapkan model ini dalam mengevaluasi program Parenting. Dalam empat komponen evaluasi CIPP terdapat beberapa pertanyaan kunci, yaitu “apa yang dibutuhkan?”; “apa yang harus dilakukan?”; “apakah program dilaksanakan?”; dan “bagaimana tingkat keberhasilan program?”. Bertolak dari beberapa pertanyaan utama ini, model CIPP dapat diterapkan untuk mengevaluasi program Parenting dari aspek Context, Input, Process, dan Product.

References

Arikunto; Jabar, S. (2014).Evaluasi Program Pendidikan.PT Bumi Aksara.
Alarcon, Josephine B. dan Katrina Ninfa S. Moreles.2013. “
Ariesandi.2008. Rahasia Mendidik Anak agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Asfandiyar, Andi Yudha. (2012). Creative Parenting Today. Bandung. Penerbit Kaifa
Asmoro, Yuliadi. 2008. Pemanfaatan Limbah Tahu Untuk Hasil Tanaman Petsai (Brassica chinensis). Program Pasca Sarjana. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ballantine, Jeanne H., 2001. The Sociology of Education: A Systematic Approach. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Christiani, Y. (2018). Penerapan Model Cipp Dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013.6, 1–6.
Djuanda, I. (2019). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output).
Depdiknas .2003.Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Erick y dan D. Suryana (2017) Aggressive Behavior In Children Be Reviewed From Parenting Style
Gauvain, M. dan Parke, R. (2009). Child Psychology: A Contemporary Viewpoin, sevent edition. McGraw-Hill: New York.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hasbullah,. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (edisirevisi). Jakarta: PT RajaGrafindoPersada
Kauffman, M. H. (2000). Relational maintenance in long-distance relationships: staying close. (Master of Science Thesis Blacksburg, Virginia). Diunduh dari https://theses.lib.vt.edu/theses/available/etd-08292000
Kail, R. V., & Cavanaugh, J. C. (2000). Human development: a life-span view (2nd ed.). Belmont CA: Wadsworth.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta‟dib, 6(1), 118.
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009).Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Redy, P., & Jaya, Partus.Ndeot, F. (2018).Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif.PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.
Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja.(edisi keenam) Jakarta: Erlangga.
Sasongko, S. S. (2009). Konsep dan Teori Gender. Jakarta: Pusat Pelatihan Gender dan Peningkatan Kualitas Perempuan, BKKBN.
Stufflebeam, D. L. (2007).Evaluation, Theory, Models, & Application.San Fransisco: CA: Whilley.
Stufflebeam, D.L., Coryn, Chris L.S.. (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Fransisco: Jossey-Bass.
Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulherma, F. M. N. E. S. L. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Seni Grafis Stencil Print Di Taman Kanak-Kanak. Культура Культуры, 3(2), 1434–1439.
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Yamin, Martinis. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2021-12-30
How to Cite
Yanti, L., & Yaswinda, Y. (2021). EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM PARENTING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI TK AR-RASYID. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2535-2546. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1089
Section
Articles