MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM VISIT HOME SELAMA PANDEMI COVID 19 DI TK AR RASYID KECAMATAN PAYAKUMBUH SELATAN KOTA PAYAKUMBU

  • Yaswinda Yaswinda Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
  • Riri Sakti Universitas Negeri Padang
Keywords: model evaluasi CIPP, karakter pada anak usia dini, efektivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas implementasi program visit home pada masa pendemi covid 19 pada anak usia dini di TK Ar Rasyid ditinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan model evaluasi CIPP. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 50 responden. Data dianalisis menggunakan analisis kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas komponen konteks dengan kriteria sangat efektif, efektivitas komponen input dengan kriteria sangat efektif, efektivitas komponen proses dengan kriteria sangat efektif dan efektivitas komponen produk dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan efektivitas Implementasi Program visit home pada masa pendemi covid 19 Pada Anak Usia Dini di TK Ar Rasyid dikategorikan sangat efektif

References

Arikunto; Jabar, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Budi Yoga Bhakti. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82.
Chandrawati, T, dan Yufiarti, (2008). Profesionalisme Guru PAUD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Eliza, D. (2013).Penerapan model pembelajaran model pembelajaran kontekstual learning (ctl) berbasis centra di taman kanak-kanak, XIII(2), 93–106.
Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 316–324. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/32
Kiewra, C., & Veselack, E. (2016). Playing with Nature: Supporting Preschoolers’ Creativity in Natural Outdoor Classrooms. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 4(1), 70–95. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1120194&site=ehost-live

Latiana, Samsudi, Sugiyo, Slameto, L. (2018). The Journal of Educational Development Developing Collaboration-Based Supervision Model to Enhance the Professionalism of Early Childhood Education Teachers, 6(1), 132–143.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Mischo, C., Wahl, S., Strohmer, J., & Wolf, C. (2014). Does Early Childhood Teacher Education Affect Students ’ Cognitive Orientations ? The Effect of Different Education Tracks in Teacher Education on Prospective Early Childhood Teachers ’ Cognitive Orientations in Germany, 2(1), 193–206. https://doi.org/10.11114/jets.v2i1.206
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta‟dib, 6(1), 118.
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Integral:Pendidikan Matematika, 11(1), 17–32. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139
Redy, P., & Jaya, Partus. Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.
Sangadji, K. (2014). Model Cipp Untuk Evaluasi Pengembangan Ktsp Pada Jenjang Pendidikan Persekolahan. Jurnal Biologi, 3(2), 79–87.
Suryana, D. dkk. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak- Kanak Kota Padang. Laporan Penelitian Dosen Madya. Universitas Negeri Padang.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Suryana, D. (2013a). Hakikat Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryana, D. (2013b). Pendidikan Anak Usia Dini. UNP Pres.
Safyana, S. I., Marlina, S., & Yaswinda. (2019). Pengaruh penggunaan video sentuhan boleh dan tidak boleh terhadap pendidikan seks anak.
Tatli, Z., Stylianidou, F., Glauert, E., Rossis, D., Compton, A., Cremin, T., … Kaan, M. (2018). A Study on the Relationship between Six-Year-Old Children ’ s Creativity and Mathematical Ability. World Journal of Education, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.5430/wje.v6n5p1
Waskito, E. W. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP. 5, 17–26.
Zulherma, F. M. N. E. S. L. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Seni Grafis Stencil Print Di Taman Kanak-Kanak. Культура Культуры, 3(2), 1434–1439.
Published
2021-12-30
How to Cite
Yaswinda, Y., & Sakti, R. (2021). MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM VISIT HOME SELAMA PANDEMI COVID 19 DI TK AR RASYID KECAMATAN PAYAKUMBUH SELATAN KOTA PAYAKUMBU. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2511-2522. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1088
Section
Articles