EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD YPPK DIASPORA SORENDIWERI KABUPATEN SUPIORI PROPINSI PAPUA

  • Beatus Mendelson Laka PGSD, PPKN STKIP BIAK
  • Saiful Anas PGSD, PPKN STKIP BIAK
  • Marlin Katulung PGSD, PPKN STKIP BIAK
Keywords: Pembelajaran Daring, Google Calssroom, IPS

Abstract

Penyebaran COVID-19 dari Wuhan Tiongkok pada awal Maret 2020 di Indonesia dan menyebar luas di seluruh daerah sampai di Propinsi Papua secara khusus kabupaten Supiori yang menyebabkan kerugian untuk banyak daerah di seluruh belahan dunia yang mempengaruhi bidang ekonomi, pendidikan, dan politik. Dalam bidang pendidikan mengalami perubahan yang begitu cepat, sehingga merubah semua tatanan kehidupan yang telah ada sebelumnya. Dalam penerapan pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka oleh guru dan siswa, maka dengan adanya COVID-19 maka, seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat sehingga dengan melakukan pembatasan interaksi masyarakat yang diterapkan dengan istilah physical distancing. Namun, kebijakan physical distancing tersebut dapat menghambat laju pertumbuhan dalam berbagai bidang kehidupan, baik bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan. Keputusan pemerintah untuk meliburkan para peserta didik, mengalihkan proses belajar mengajar di sekolah menjadi di rumah dengan menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) membuat resah banyak pihak seperti orang tua. Guru salah satunya dalam upaya melaksanakan proses pembelajaran perlu dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Namun, pelaksanaan proses pembelajaran secara online memiliki beberapa kendala.

References

[1] Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
[2] Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[3] Maftukhah, L. Harnanik & Sunarto, S. (2012). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Plantungan Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, Vol. 1, hal:1-5.
[4] Khusniyah, N., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.
[5] Gunawan, F.I. & Sunarman, S.G., (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Peserta didik SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
[6] Sabran dan Edy Sabara. (2020). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual” ISBN : 978-602-5554-71-1
[7] Ahmad, Firdausi Nuzula, Khalid Makky. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ali Darul Falah Batu Jangkih. Jurnal El-Hikam Vol 13 No 1, 66-82.
[8] Miarso, Y., (2004). Menyemai benih Teknologi Pendidikan, Kencana.
[9] Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom : Teachers ’ Perceptions Effectiveness Of Google Classroom : Teachers ’. Prizren Social Science Journal, 2(2), 1–16.
[10] Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2 (1).
Published
2021-12-01
How to Cite
Laka, B., Anas, S., & Katulung, M. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD YPPK DIASPORA SORENDIWERI KABUPATEN SUPIORI PROPINSI PAPUA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1979-1986. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1079
Section
Articles