ANALISIS EFEK UNMEET NEED KB PEREMPUAN TERHADAP ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI DIKABUPATEN SERANG TAHUN 2019

  • Vera Maria Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Analisis Efek Unmeet Need Kb Perempuan Terhadap Aspek Sosial Dan Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Efek Dampak dari Unmeet Need Kb Perempuan Terhadap Aspek Sosial Dan Ekonomi Dikabupaten Serang Data yang akan digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode purposive random sampling. Sampel yang diambil adalah unmet need KB diwawancari dengan menggunakan instrument kuisioner. Data primer yang diperlukan antara lain: (1) karakteristik/identitas rumah tangga dan prilaku rumah tangga unmet need kb perempuan, (2) kemudahan dan kesulitan yang dihadapi unmet need  KB perempuan dalam mengakses pelayanan kesehatan khususnya kontrasepsi, pendidikan dan penyuluhan keluarga berencana (KB), (3) PHBK unmet need KB perempuan. (4) dampak sosial dan ekonomi yang dirasakan Unmet need KB perempuan yang mengalami kesulitanuntuk memperoleh akses terhadap pelayanan kontrasepsi, pengumpulan data sekunder diperoleh dari kantor perwakilan BKKBN danBPS Kabupaten Serang, Kantor Kecamatan dan desa, serta lembaga lain yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.

 

References

[1] Bharadwaj, L.K. 2013. Human Ecology and The Environment dalam E.F Borgatta and M.L Borgatta (eds) Encyclopedia of Sociology. Volume 2. New Macmillan Publishing Company.
[2] Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten. 2015. Isu-isu Strategis dalam Analisis Dampak Kependudukan Terhadap Aspek Sosial Ekonomi. BKKBN Provinsi Banten. Serang.
[3] Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2015. Analisis Persebaran/Distribusi dan Mobilitas Penduduk di Provinsi Banten. Untirta. Banten.
[4] -------. 2015. Strategi Meningkatkan Ketersediaan dan Keterjangkauan Fasilitas Kesehatan Bagi Masyarakat di Provinsi Banten. Untirta. Banten.
[5] -------. 2015. Analisis Dampak Peningkatan Penduduk Pada Capaian dan Kualitas Pendidikan di Provinsi Banten. Untirta. Banten.
[6] -------. 2015. Analisis Laju Pertumbuhan Penduduk dan Dampaknya Terhadap Daya Dukung Alam dan Daya Tampung Lingkungan Pada Urban Area di Provinsi Banten. Untirta. Banten.
[7] Badan Pusat Statistik. 20012. Fertilitas, Mortalitas dan Migrasi. Hasil Survei Penduduk Antar Sensus. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
[8] -------. 2012. Penduduk Indonesia. Hasil Survei Penduduk Antar Sensus. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
[9] -------. 2015. Hasil Sensus Penduduk 2017. Data Agrerat per Provinsi. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
[10] Badan Pusat Statistik, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan United Nations Population Fund. 2016. Proyeksi Penduduk Indonesia 2016-2025. Badan Pusat Statistik, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan United Nations Population Fund. Jakarta.
[11] Badan Pusat Statistik Kabupaten Serang. 2017. Kabupaten Serang Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Serang. Serang.
Published
2021-12-01
How to Cite
Maria, V. (2021). ANALISIS EFEK UNMEET NEED KB PEREMPUAN TERHADAP ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI DIKABUPATEN SERANG TAHUN 2019. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2157-2168. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1059
Section
Articles