DISKURSUS TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI KORELASI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Faradina Nur Setyaningsih Universitas Ahmad Dahlan
  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Fifin Al Fionita Universitas Ahmad Dahlan
  • Aat Heffi Muslikhah Universitas Ahmad Dahlan
  • Tera Salsa Bila Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Korelasi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Dalam  kemajuan dan peradaban dunia khususnya pada bidang teknologi menjadi faktor yang penting. Faktor yang penting daripada teknologi yaitu pendidikan, dimana pendidikan sendiri yaitu pelita akan kemajuan teknologi. Suatu peradaban dunia akan tetap maju apabila suatu pendidikan juga berjalan dan berkembang. Dalam agama islam teknologi merupakan inovasi dan kreatifitas yang memberikan manfaat selama pemanfaatannya tidak menerjang akan norma-norma agama. Dimana dari hal tersebut, tujuan dari tulisan ini untuk mendeskripsikan hubungan teknologi pendidikan dengan pendidikan agama islam dimana sebagai usaha yang membina dan mengasuh peserta didik supaya selalu dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh yang kemudian peserta didik dapat menghayati tujuan, dan mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup atau pedoman hidup. Sehingga terdapatnya suatu teknologi pendidikan dalam pendidikan agama islam ini sebagai pemecah masalah.

References

Mukarromah, Oom. 2016. Peran Teknologi Pendidikan Islam Pada Era Global. AN-Nidhom No. 2, Vol. 1, Hal 94.
[2] Budiman, Agus.2007.Teknologi Pendidikan dan Dinamika Pendidikan Agama Islam.At-Ta’dib. No.2, Vol.3. hal 185.
[3] Samrin.2015.Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.Jurnal At-Ta’dib No. 1, Vol. 8, Hal 105-106.
[4] Ahmad Tafsir, dkk, 2004, Cakrawala pemikiran pendidikan Islam. Mimbar Pustaka, Bandung.
[5] Majid Abdul, Andayani Dian, 2004, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum). PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
[6] Ivan, A.H., 2005, Desain target optimal, Laporan Penelitian Hibah Bersaing,Proyek Multi tahun, Dikti, Jakarta.
[7] Samrin.2015.Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.Jurnal At-Ta’dib No. 1, Vol, 8.Hal 105-106.
[8] Elihami, E., Syahid, A. 2018 .Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami.Edumaspul – Jurnal Pendidikan, Vol 2 No 1. Hal 76-96.
[9] Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, No. I, Volume 8, Hal 34.
[10] Asnawir, Basyirudin Usman, 2002, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Ciputat Press, Jakarta.
[11] Husniyatus Salamah Zainiyati, 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, PT. Kharisma Putra Utama, Jakarta.
[12] M.IT, Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
[13] Ismail Damiri. 2017. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Nomor 2, Volume 1, Hal. 113-115.
[14] Lestari, Sudarsri. 2018. Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.Jurnal edureligia, No. 2 , Vol. 2.
Published
2021-12-01
How to Cite
Setyaningsih, F., Salsabila, U., Fionita, F., Muslikhah, A., & Bila, T. (2021). DISKURSUS TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI KORELASI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 2011-2018. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1048
Section
Articles