Peningkatan Kemampuan Guru menggunakan Globe Melalui In House Training di SDN Banteng Keselet Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang keterbatasan keterampilan guru menggunakan Globe sebagai medi apembelajaran. Berbagai teknik telah dilakukan untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu dan SDN Banteng Keselet Kecamatan Pringgarata.Penelitian ini merupakan solusi dari keluhan kepala sekolah bahwa alat peraga globe yang ada di sekolah tidak pernah digunakan dengan baik. Kegiatan In House Training adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan menggunakan globe sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru SDN Banteng Keselet, sebelum, dan setelah In House Training.
References
Depdikbud. 1997. Pembinaan Profesionalisme Guru. Jakarta: Depdikbud.
Djam’an, Satori, dkk, 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gaung Persada Press.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Iskandar, uray. 2011. Indikator kinerja guru. http//urayiskandar.Blogspot.com/2011/11/indikator-kinerja-guru.html. diakses pada tanggal 23 Agustus 2021.
Makmun, A.S. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS & KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-----. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
-----. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.