EFEKTIVITAS KERJA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN TOLITOLI

  • Masrin Gafar Universitas Madako Tolitoli
Keywords: Efektivitas, Pelayanan, Perpustakaan

Abstract

Efektivitas Pelayanan merupakan suatu cara yang digunakan dalam melayani kebutuhan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli dalam meningkatkan kepuasan pemustaka. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli. Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehinggah terpilihsebanyak 11 informan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulanberupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teori yang digunakanefektivitaskerja menurut Sutrisno (2010:149). 1. Produksi 2. Efisiensi 3.Kepuasan 4.Adaptasi 5.Perkembangan.Hasil penelitian mengenai Efektivitas Kerja Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli belum dapat dikatakan efektif, dari kelima indikator tersebut ada 3 yang belum terpenuhi yaitu Efisiensi, Kepuasan dan Perkembangan. Adapun alas an belum terpenuhinya ke 3 indikator tersebut yaitu fasilitas dan sarana prasarana yang belum cukup memadai. Kemudian ada 2 indikator yang terpenuhi yaitu Produksi (cara staf dalam pengoperasian perpustakaan) dan Adaptasi (kepekaanpustakawan dalam proses pelayanan serta jumlah pegawai yang sudah cukup). Kedua indicator tersebut sudah berjalan dengan baik.

References

Mahsum. M. 2006, “Pengukuran Kinerja Sektor Publik”. Yogyakarta: BPEF
Max Webber, 2005. “Etika Administrasi Negara”. Jakarta: Bumi Aksara
Masrusi, 2014. “Analisis Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkantoran”. Padang: Akademia Permata.
Suparlan, 2000. “Cost Management”. Jakarta:Salemba Empat

Sutrisno Edy, 2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta:Kencana
Undang-UndangNomor 2 Tahun 1989 TentangEksitensiPerpustakaan
Undang-UndangNomor 43 Tahun 2007 TentangPerpustakaan
Undang-UndangNomor 32 Tahun 2004 TentangPemerintah Daerah
KEPMENPAN NO 62/KEP/M/PAN/7/2003 Tentang Pedoman Uum Penyelenggaraan Pelayanan
KEPMENPAN NO 19 Tahun 1993 Tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum
Published
2021-12-01
How to Cite
Gafar, M. (2021). EFEKTIVITAS KERJA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KABUPATEN TOLITOLI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1951-1958. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1045
Section
Articles