PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI I TOLITOLI

  • Sitti Nuralan Universitas Madako Tolitoli
Keywords: Penggunaan Media, Persepsi Siswa, Pandemi Covid-19

Abstract

Media merupakan alat bantu yang yang digunakan untuk proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media di SMA Negeri I Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian, 3 orang guru dan 3 orang siswa di SMA Negeri I Tolitoli, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bawa persepsi siswa terhadap penggunaan media pada masa pendemi Covid-19 di SMA Negeri I Tolitoli dapat digunakan dengan sangat baik melalui 5 indikator yaitu relevansi, kemampuan guru, kemudahan penggunaan, ketersediaan, dan kebermanfaatan.

References

Aditia A,M. 2017. Pengaruh Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran terhadap Prestasi Mahasiswa jurusan Administarai Niaga Politik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram, Vol.14 No.1. hal 11-12
Agustina,M. 2013. Pemanfaatan E-Learning sebagai media pembelajaran. Universitas Bina Darma. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) Yogyakarta.
Arsyad,A. 2013. Media Pembelajaran, Solo: Rajawali Pers, hal 3
Ariyanti Elisa. 2005. Pengambenagan Pemanfaatan Polder Kota Lama semarangsebagai ruang publikyang rekreatif berdasarkan persepsi masyaraat dan pemerintah. Universitas diponegoro.

Ekayani, P,L,N. pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Falahudin Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Pembelajaran. jurnal widyaiswara. Edisi 1. No 04. Hal 104-117.

Hermuningsih, S dan Wardani, K. 2016. persepsi mahasiswa terhadap metode simulasi online trading di bursa efek indonesia di fakultas ekonomi Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. EKOBIS Vol.17, No.2.

Laurence M. J. 2004. Arsitektur dan Prilaku Manusia. PT. Grasindo. Jakarta.hal 56

Muhson Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Universitas Negeri Yogyakarta.Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No.02 hal 1-10

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 03. Nomor 01.

Nurkholis.2013. Pendidikan Dalam Upaya Meajukan Teknologi. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1
Prasanti, D. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempaun Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Universitas Padjadjaran. Jurnal Lontar Vol. 6 No 1

Robbins. P Stephen. 2007. Prilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta:174
Rivai. 2018. Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Gresik. Hal. 21
Republik Indonesia Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona VirusDiseaseb(COVID-19)
Sanjaya, W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta:Prenada Media Group, cet. Ke-1 , hal.96.
Sanjaya,W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta cet.4. hlm. 211.
Sanjaya W.2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: hal. 217.
Setiadi J.S. 2013. Konsep dan Implementasi untuk Strategi dan Penilaian, Pemasaran. Jakarta :hal. 91
Sugiyono.2013. Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA BANDUNG. Hal:214.
Sumiharsono, R dan Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran.CV PUSTAKA ABADI, Jawa Timur.
Susilana,R dan Riyana, C. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, cetakan pertama.
Tafonao,T.2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Published
2021-12-01
How to Cite
Nuralan, S. (2021). PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PADA MASA PENDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI I TOLITOLI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1917-1924. https://doi.org/10.47492/jip.v2i7.1041
Section
Articles