ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V DI SDN RONGGO 03 KECAMATAN JAKEN

  • Riventy Silviana Fitry Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Khamdun Universitas Muria Kudus
  • Himmatul Ulya Universitas Muria Kudus
Keywords: Kesalahan siswa, soal cerita, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan mengunakan prosedur newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan tahapan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pencatatan sebagai tahapan pengumpulan data penelitian. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif deskriptif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken dengan mengambil siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan prosedur newman semua siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, tiga kesalahan dalam membaca, tujuh kesalahan dalam memahami soal, lima kesalahan dalam mentransformasi masalah ke rumus matematika, Sembilan kesalahan dalam proses penghitungan, dan dua kali kesalahan dalam penulisan jawaban. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh faktor siswa yang kesulitan dalam memahami masalah di dalam soal, siswa tidak memahami konsep dan operasi pecahan, dan siswa tergesa – gesa dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal cerita matematika.

References

[1] Abdullah, Hali, Liyana Zainal Abidin., dan Marlina Ali. Analysis of Students Error in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Asian Social Science Vol.11 No.21.
[2] Ardiyanti., Haninda Bharata,. dan Tina Yunarti. 2014. Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Unila Vol.2, No.7
[3] Fatimah, Siti dan Sujati. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Metode Bermain Peran di Kelas II SDN Watuigar I, Ngawen, Gunung Kidul. Jurnal Didaktika Uiversitas Negeri Yogyakarta Vol. 4 No. 1
[4] Junaedi, Iwan. 2012. Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soalsoal Geometri Analitik Berdasar Newman’s Error Analysis (NEA).
[5] Jurnal Kreano, Vol. 3, No. 2. Halaman 125-133.
[6] Karnasih, Ida. 2015. Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal Paradikma, Vol.8 Nomor 1.
[7] Mahmudah, Siti. 2015. Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita
[8] Matematika Menggunakan Media Kartu Kerja Pada Siswa Kelas Ii Sdn Purworejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. jurnal PINUS Vol.1 No.2.
[9] Mulyadi., Riyadi., dan Sri Subanti. 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 3 No.4.
[10] Danoebroto, Sri Wulandari. 2018. Meningfkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan PMRI dan Pelatihan Metakognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Nomor 1 Tahun XI, 2008.
[11] Darmadi, Hamid. 2015. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan dan Konsep Implemantasi). Bandung: Alfabeta.
[12] Fatimah, Siti dan Sujati. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Metode Bermain Peran di Kelas II SDN Watuigar I, Ngawen, Gunung Kidul. Jurnal Didaktika Uiversitas Negeri Yogyakarta Vol. 4 No. 1.
[13] Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Ar-ruzz Media.
[14] Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
[15] Hartini. 2015. Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita pada kompetensi dasar menemukan sifat dan menghitung besaran-besaran segi empat siswa kelas VII semester II SMP It Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2006 /2007. Tesis. Universitas Sebelas Maret.
[16] Heruman. 2015. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
[17] Jha, Shio Kumar. 2012. Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. Interantional Journal of Computer Applications in Engineering Sciences Volume II. No. I. Issue 1 Maret 2012.
[18] Junaedi, Iwan. 2012. Tipe Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soalsoal Geometri Analitik Berdasar Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Kreano, Vol. 3, No. 2.
[19] Karnasih, Ida. 2015. Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal Paradikma, Vol.8 Nomor 1. Halaman 37-51.
[20] Mahmudah, Siti. 2015. Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menggunakan Media Kartu Kerja Pada Siswa Kelas Ii Sdn Purworejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. jurnal PINUS Vol.1 No.2
Published
2021-12-30
How to Cite
Fitry, R., Khamdun, K., & Ulya, H. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V DI SDN RONGGO 03 KECAMATAN JAKEN. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2433-2442. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1034
Section
Articles