SOSIALISASI METODE PEMBELAJARAN YANG IDEAL PADA NEW NORMAL DI SD NEGERI 091316 PEMATANG RAYA

  • Minar Trisnawati Tobing Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar
Keywords: Sosialisasi, Googel Classroom, Pembelajaran Daring

Abstract

Pada kegiatan sosialisasi metode pembelajaran yang ideal pada masa new normal di SD Negeri 091316 Pematang Raya para team dari pengabdian masyarakat yang sponsori oleh kampus Universitas HKBP Nomensen Pematangsiantar dilakukan agar bias melakukan pembelajaran daring secara online melalui di rumah tanpa tatap muka langsung dengan siswa. Metode yang dipilih pada saat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan cara memberikan pelatihan bagaimana menggunakan aplikasi Rumah Belajar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah panduan praktis dan sederhana berupa pedoman bagi guru SD Negeri 091316 Pematang Raya untuk paham dan mengeriti menggunakan aplikasi Rumah Belajar. Metode pelaksanaan dilakukan dengan tahapan antara lain tahapan persiapan, pelaksanaan, dan terakhir tahapan evaluasi..

References

Daftar Referensi
[1] Kurniawan, P. W., Zulianti, H., & Narulita, S. (2020). Pendampingan Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Meet Bagi Guru di SMA Adiguna Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 42-45.
[2] Muhammad Basri, M. B., Yusuf Perdana, Y. P., & Nur Indah Lestari, N. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring bagi Guru-Guru SMA di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 53-57.
[3] Prihandini, P., Anisa, R., & Rustika, P. (2021). KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “KULIAH DARING SELAMA PANDEMI”. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1).
[4] Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
[5] Su’uga, Hisyam Surya Dkk. 2020. Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3).
[6] Sumardi, S., Fitria, H., & Ismail, I. (2021, April). OPTIMALISASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
[7] Suwardiyanto, D., & Yuliandoko, H. (2017). Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran daring (on line) bagi guru dan siswa di SMK Nu Rogojampi. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
[8] Kompas. (2020). Selama Pandemi ini, Kebijakan dan Program yang dibuat Kemendikbud [Internet]; [Diunduh pada 20 Februari 2021]. Tersedia Pada https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/08/140127371/selama-pandemi-ini-kebijakan-dan-program-yang-dibuat-kemendikbud?page=all
[9] Data Pokok Pendidikan. [Internet]; [Diunduh pada 15 April 2021]. Tersedia pada https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/7A285F55D28B6AAEF120
Published
2021-09-26
How to Cite
Tobing, M. (2021). SOSIALISASI METODE PEMBELAJARAN YANG IDEAL PADA NEW NORMAL DI SD NEGERI 091316 PEMATANG RAYA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 423-428. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.896
Section
Articles