PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN SOSIALISASI PELAKSANAAN POSYANDU PADA MASA PANDEMI COVID 19 DAN PENERAPAN APLIKASI MOBILE POSYANDU-Q

  • Ramalia Noratama Putri Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, Pekanbaru
  • Debi Setiawan IUniversitas Abdurrab, , Pekanbaru
  • Deinike Wanita Marwan Universitas Abdurrab
  • Yenny Desnelita Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Gustientiedina Gustientiedina Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Irwan Irwan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
Keywords: Posyandu, Pandemi, Covid 19, Aplikasi, Mobile

Abstract

Untuk meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada Keluarahan Sialang Munggu maka posyandu sri mersing memiliki beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu : 1) Minimnya minat masyarakat pada RW 18 untuk datang membawa batita dan balita ke posyandu terutatama pada ibu muda. 2) Tidak jalannya Posyandu pada masa pandemic covid-19. 3) Belum tersedianya IPTEK pada posyandu. 4) Posyandu lansia dan pengendalian PTM belum dijalankan sepenuhnya. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka solusi dari permasalahan tersebut yaitu: 1) sosialiasasi dengan tranformasi digital kesehatan menggunakan smartphone pada ibu muda umur 25-30. 2) pelatihan ke kader posyandu tentang tentang peraturan pelaksanaan kegiatan posyandu pada masa pandemic covid 19. 3) Implementasi aplikasi PosyanduQ Sri Mersing 4) Sosialisasi panduan pelaksanaan posyandu lansia dan cek kesehatan PTM. Metode pelakasanaan kegiatan adalah perancangan, pelatihan, dan implementasi. Setelah kegiatan dilakasanakan maka tahapan evaluasi dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada kader dan masyarakat RW 18..

References

[1] Diharja, N. U., Syamsiah, S., & Choirunnisa, R. (2020). The Effect Of Covid 19 Pandemic On Immunization Visit In Posyandu Village Tanjungwangi Kecamatan Cijambe In 2020. Asian Research Midwifery and Basic Science Journal, 1(1), 152–165.
[2] Effendi, N., & Widiastuti, H. (2020). Jurnal Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 7(2), 353–360. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v7i2.54
[3] Ernawati, D., & Agiwahyuanto, F. (2020). Hubungan perilaku hidup sehat orang tua balita dengan literasi KMS (Kartu Menuju Sehat) sebagai sumber informasi tumbuh kembang balita. VISIKES: Jurnal Kesehatan …, 67–74. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes/article/view/3672
[4] Felicia, F. V., & Suarca, I. K. (2020). Pelayanan Imunisasi Dasar pada Bayi di Bawah Usia 12 Bulan dan Faktor yang Memengaruhi di RSUD Wangaya Kota Denpasar Selama Masa Pandemi COVID-19. Sari Pediatri, 22(3), 139. https://doi.org/10.14238/sp22.3.2020.139-45
[5] Jati, W. D. P. (2021). Literasi Digital Ibu Generasi Milenial terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 1–23. https://doi.org/10.24815/jkg.v10i1.20091
[6] Kurniasari, L. (2018). Buku Kia Dan Pemanfaatan Untuk Peningkatan Kesehatan Ibu Dan Anak. KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 9. https://doi.org/10.24903/kujkm.v3i1.329
[7] Mulyadi, M. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, XII(8), 13–18.
[8] Putri, R. N. (2017). Sistem Informasi Pengadaan Barang pada Rumah Sakit Umum Daerah Sawahlunto dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Didukung oleh Database MySql. Edik Informatika, 2(1), 63–78. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v2i1.1448
[9] Setiawan, D. (2017). Implementasi Bahasa Pemrograman Java Untuk Pengontrolan Aset Kantor Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Edik Informatika, 2(1), 113–122. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v2i1.1452
Published
2021-09-26
How to Cite
Putri, R., Setiawan, D., Marwan, D., Desnelita, Y., Gustientiedina, G., & Irwan, I. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN SOSIALISASI PELAKSANAAN POSYANDU PADA MASA PANDEMI COVID 19 DAN PENERAPAN APLIKASI MOBILE POSYANDU-Q. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 407-414. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/894
Section
Articles