PEMANFAATAN ELONG UGI DALAM PEMBELAJAN SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA INTERAKTIF DARING

  • Adji Syaifullah STKIP Muhammadiyah Bone
  • Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar STKIP Muhammadiyah Bone
  • Elvi Handayani STKIP Muhammadiyah Bone
  • Vivi Elvira Ekawati STKIP Muhammadiyah Bone
Keywords: Rice Waste, Burning Husk and elong ugi, media interaktif daring, liveworksheet, quizizz

Abstract

Elong Ugi atau elomugi adalah salah satu karya sastra Sulawesi Selatan yang berasal dari naskah-naskah lama berupa lontarak dan berbentuk puisi yang menggunakan bahasa Ugi atau Bugis. Keresahan Guru akan pergeseran nilai budaya menjadi perhatian utama, dimana anak didik sebagai generasi Z mulai melupakan bahkan tidak mengetahui sama sekali lagu-lagu Bugis atau Elong Ugi termasuk maknanya serta masih sangat lemah dalam membaca aksara lontarak. Pelaksanaan program PKM-PM ini dilaksanakan dengan melibatkan mitra secara penuh terdiri atas tiga tahapan utama yaitu tahap sosialisasi, tahap pelatihan dan tahap evaluasi. Peningkatan keterampilan mitra nampak pada kemampuan mitra dalam menggunakan elong ugi sebagai media interaktif dimana mitra mampu mengenali dan mengaplikasikan platform atau aplikasi interaktif berupa liveworksheet dan quizziz. Pengintegrasian elong ugi dalam perancangan pembelajaran oleh mitra juga meningkat dimana mitra mampu mengaplikasikan aksara lontarak ke dalam perancangan pembelajaran..

References

[1] Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., & Halamury, M. F. 2019. Teori Behaviorisme.https://www.researchgate.net/publication/331233871_TEORI_BEHAVIORISME_Theory_of_Behaviorism.https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324
[2] Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Cheriani, C., Kurnia, A., & Asfar, A. H. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran RICH (Relating, Inquiring, Collaborating, Hiring) terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 195–199. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/viewFile/1939/1782
[3] Asfar, A.M.I.T., & Asfar, A.M.IA. 2020. Menjaga Keamanan Akun Email Pra dan Pasca Menggunakan Aplikasi Zoom. https://www.researchgate.net/publication/340967704_Menjaga_Keamanan_Akun_Email_Pra_dan_Pasca_Menggunakan_Aplikasi_Zoom. Diakses pada tanggal 20 Juni 2021. DOI: 10.13140/RG.2.2.36168.47362
[4] Asfar, A.M.I.A., Rifai, A., Ilham, I., Damayanti, D.J., & Asfar, A.M.I.T. 2021. Pengolahan Ikan Teri Kering Menjadi Abon Asin Gammi. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1): 176-180.
[5] Asfar, A.M.I.A., Yasser, M., Istiyana, A.N., Asfar, A.M.I.T., & Kurnia, A. 2021. Transformasi Produk Sekunder Pengolahan Minyak Parede Sebagai Produk Sambel Kerak Minyak. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2): 384-391. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5267
[6] Asfar, A.M.I.T., Widiastini, A., & Rahman, A. 2019. Pengolahan Kayu Sepang (Caesalpinia sappan L.) di Desa Biru Kecamatan Kahu Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2): 97-104.
[7] Aziz, A. 2012. Aktualisasi Lagu Bugis Sebagai Salah Satu Alternatif Revitalisasi Sastra Daerah Sulawesi Selatan. 4 (1):21-29.
[8] Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. 2021. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50-56. DOI: 10.25273/jipm.v10i1.8709
[9] Nur, A.S.A., Ramli, A., Inanna., Asfar, A.M.I.A., Asfar., A.M.I.T. 2021. Analysis Curiosity and Analogy Abilities of College Student Reviewed From A Scientific Approach at the University of Muhammadiyah Bone. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(5): 590-609.
[10] Sumiati, Asfar, A.M.I.T., Asfar, A.M.I.A., Aswan, A., Dahniar., & Hasanuddin, D. 2021. Habis Manis Sepah Jadi Uang: Pemanfaatan Ampas Tebu Menjadi Boneka Arang Aktif. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2): 400-407.
[11] Syaifullah, A., Asfar, A.M.I.A., Asfar, A.M.I.T., Nurannisa, A.F.A., Marlina., & Nurjannah, S. 2020. Perancangan Science Corner (Sci-Co) Sebagai Media Bantu Visual Image Bagi Guru TK PGRI Palattae. SPEKTA, 1(2): 65-72.
[12] Warsihna, J. 2013. Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Menengah sebagai Alternatif Penunjang Pendidikan Menengah Universal. Jurnal Teknodik. 17(4): 448- 456.
[13] Yasser, M., Asfar, A.M.I.A., Asfar, A.M.I.T., Rianti, M., & Budianto, E. 2019. Diferensiasi Produk Gula Merah Tebu Menjadi Gula Cair dan Gula Recengan Kombinasi. Journal of Dedicators Community, Edisi Khusus Hasil Sembadha 2019, 1-10. DOI: 10.340001/jdc.v3i3.1021
[14] Yasser, M., Asfar, A. M. I. A., Asfar, A. M. I. T., Rianti, M., & Budianto, E. 2020. Pengembangan Produk Olahan Gula Merah Tebu dengan Pemanfaatan Ekstrak Herbal di Desa Latellang Kabupaten Bone. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 42-51.
Published
2021-09-26
How to Cite
Syaifullah, A., Asfar, A., Asfar, A., Handayani, E., & Ekawati, V. (2021). PEMANFAATAN ELONG UGI DALAM PEMBELAJAN SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA INTERAKTIF DARING. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 375-382. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.890
Section
Articles