KOLABORASI DESA EKO – EDUWISATA KANDRI DAN SIRAYU – JATIREJO KECAMATAN GUNUNGPATI DENGAN SISTEM CONNECTING DOOR

  • Churun A’in Universitas Diponegoro, Tembalang
  • Suryanti Suryanti Universitas Diponegoro, Tembalang
  • Nurul Latifah Universitas Diponegoro, Tembalang
  • William Ben Gunawan Universitas Diponegoro, Tembalang
  • Monica Sofchah Febriyanti Universitas Diponegoro, Tembalang
Keywords: Pengabdian, Kolaborasi, Eko-Eduwisata, Connecting Door

Abstract

Perguruan tinggi menjunjung fungsi Tri Dharma, yaitu menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kelurahan Jatirejo dan Kandri memiliki berbagai potensi sebagai desa wisata. Namun, selama masa pandemi Covid-19, kunjungan dan pembelian dari potensi lokal tersebut menjadi sangat lesu. Tujuan kolaborasi antara wisata yang ada di Kelurahan Jatirejo dengan Kelurahan Kandri diharapkan dapat mendukung perekonomian dan pembangunan berkelanjutan di Kelurahan Jatirejo dan Kelurahan Kandri, sesuai dengan SDGs Nomor 8 “Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi” dan 11 “Membangun Kota dan Pemukiman Inklusif, Aman, Tahan Lama dan Berkelanjutan”. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, maka Tim Pengabdian Masyarakat IDBU (IPTEK Bagi Desa Binaan UNDIP) tergerak untuk melakukan kegiatan pengabdian dengan judul “Pengembangan Unggulan Desa Kandri dan Desa Sirayu – Jatirejo Kecamatan Gunungpati Sebagai Eko-Eduwisata dengan Sistem Connecting Door Berbasis Kolaboratif”. Metode. Kegiatan pengabdian diselenggarakan pada bulan Juni 2021 – Agustus 2021, dengan hari pelaksanaan aktif selama 45 hari. Lokasi pengabdian berada di Kelurahan Jatirejo dan Kelurahan Kandri, yang berada di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Pengabdian dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara daring dan luring. Pelaksanaan pengabdian terbagi menjadi 2 tahap, yaitu Tahap Persiapan dan Tahap Pelaksanaan. Hasil. Luaran yang terbentuk dari kegiatan ini adalah Inisiasi Sentra Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh Jatirejo dan Kandri, Penyusunan Paket Wisata Jatirejo dan Kandri, serta Pembuatan Desain Media Pendukung Program. Simpulan dan Saran. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan kegiatan, kolaborasi dan kerjasama antara kedua desa wisata, Jatirejo dan Kandri,

References

[1] A’in, C., Suryanti, & Latifah, N. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Kandri dalam Peningkatan Potensi Wisata di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020, 420–423. http://www.proceedings.undip.ac.id/index.php/semnasppm2019/article/download/351/222
[2] Aini, W., Ridwan, M., & Emrizal. (2019). Perencanaan Paket Wisata Sejarah Lembah Bakkara Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara. Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Busines Event, 1(2), 59–63. https://ejournal-poltekparmks.ac.id/index.php/pusaka/article/view/21/15
[3] Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. MUTAKALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30.
[4] Asri, R., Dewi, R., & Dewi, A. M. (2021). Perancangan Sistem Paket Wisata: Studi Kasus Kabupaten Aceh Tengah. Biram Samtani Sains, 5(1), 1–5.
[5] Hermawan, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Media Wisata, 15(1), 562–577. https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57
[6] Kusuma, R. E., & Arifien, M. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Waduk Jatibarang, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Geo Image (Spatial-Ecological-Regional), 9(2), 131–138. https://doi.org/10.15294/geoimage.v9i2.39683
[7] Laksono, F. A. T., Astuti, S. D., Widagdo, A., & Iswahyudi, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Promosi dan Pemasaran Produk Kelompok Eks-Buruh Migran di Kabupaten Wonosobo. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 13–26. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2867
[8] Mardiyani, Y., & Murwatiningsih. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65–75. https://doi.org/10.15294/maj.v4i1.7220
[9] Ramadeni, S., & Soewardikoen, D. W. (2017). Identitas Visual Dan Media Promosi Wisata Edukasi Jendela Alam. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 2(1), 113–128. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.767
[10] Ratnasari, F. (2018). Strategi Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Pati. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 1(3), 260–269. https://doi.org/10.15294/efficient.v1i3.27871
[11] Setiawan, F., & Saefulloh, A. (2019). Kolaborasi yang Dilaksanakan di Kawasan Wisata Dermaga Kereng Bangkirai Kota Palangkaraya. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 10(2), 71–80.
[12] Sulandjari, R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Minat Berwirausaha Produk Lokal (Kerajinan Bambu) di KWD Kelurahan Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Egaliter, 2(3).
[13] Utina, U. T. (2018). Peran Masyarakat Kandri dalam Mengembangkan Potensi Seni Pada Pariwisata di Desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i2.4576
Published
2021-09-26
How to Cite
A’in, C., Suryanti, S., Latifah, N., Gunawan, W., & Febriyanti, M. (2021). KOLABORASI DESA EKO – EDUWISATA KANDRI DAN SIRAYU – JATIREJO KECAMATAN GUNUNGPATI DENGAN SISTEM CONNECTING DOOR. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 349-358. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.887
Section
Articles