PENGENALAN DASAR-DASAR INVESTASI PADA GURU-GURU MADRASAH AL-QUBA

  • Saleh Sitompul Sekolah Tinggi STIE ITMI
  • Budi Hartoyo, Herianto Wijaya Sekolah Tinggi STIE ITMI
  • Novy Choky Sekolah Tinggi STIE ITMI
  • Mela Nazhifah Sekolah Tinggi STIE ITMI
  • Fenny Fenny Sekolah Tinggi STIE ITMI
Keywords: Investasi, Guru Madrasah Al-Quba

Abstract

Abstract: Kurangnya kesadaran dan minimnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya investasi, serta  pengetahuan masyarakat akan pengolahan investasi yang benar. Pengelolaan investasi yang benar akan berdampak pada keuntungan dan profitabilitas masyarakat dan kemapanan financial serta peluang dalam meningkatkan dan membagi keuangan untuk dapat diinvestasikan dalam jangka panjang dan menguntungkan. Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan dan memberikan pengetahuan pada guru-guru madrasah tentang pengenalan dasar-dasar investasi yang menguntungkan, memanfaatkan peluang investasi yang ada, sehingga penghasilan dan pendapatan bisa lebih maksimal, menerapkan beberapa teknik dan cara investasi yang benar sehingga dapat mengurangi resiko terjadi kerugian serta memberikan keterampilan dan pemahaman dalam memilih instrumen investasi yang baik dan aman sesuai dengan kemampuan. Metode dilakukan dengan melakukan sosialisasi, penyuluhan  di dalam ruangan dengan metode ceramah, diskusi dan praktek. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat, antara lain: Penyuluhan kepada guru-guru madrash dasar dalam pemilihan instrument investasi yang aman dan mudah. Penyuluhan guru-guru tentang pemilihan bidang investasi mana yang cocok diterapkan dari sisi keuangan yang tidak besar dan bermodal kecil serta Penjelasan dan Tanya jawab terkait dengan polarisasi investasi yang bermodal kecil dan resiko kecil dan berpotensi memperoleh keuntungan yang maksimal.

 

References

[1] Ahmad, Komaruddin. 2004. Dasar-Dasar Manajemen Investasi dan Portofolio, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.
[2] Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Investasi: Teori dan Soal Jawab, Salemba Empat, Jakarta
[3] Firmansyah, Dani. 2013. Implementasi Diversifikasi Saham Terhadap Tingkat Risiko dan Return Portofolio (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di JII Periode Desember 2011-November 2012). Skripsi. Malang: FE-UIN.
[4] Ichsan, R. et al. (2020). Determinant of Sharia Bank's Financial Performance during the Covid19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI Journal). P. 298-309. https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/1594/0
[5] Jogianto, HM. 2010. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi, Edisi Ketujuh, BPFE, Yogyakarta.
[6] Meucci, Attilio, et al. 2014. Measuring Portofolio Diversification Based on Optimized Uncorrelated Factors. http://ssrn.com/abstract=2276632 diakses tanggal Januari 2020.
[7] Nurhudawi, Saleh Sitompul. 2020. Analisis Return Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Di Bursa Efek Indonesia. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah. Vol. 6 No. 2 Juli 2020, Hal. 108-116.
[8] Sitompul, S. 2018. Pengaruh ukuran perusahaan, kebijakan pendanaan, Risk based capital (RBC), pertumbuhan premi netto dan laba perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Sumatera Utara.
[9] Sitompul, Saleh dan Nasution, Siti Khadijah. 2019. The Effect of Car, BOPO, NPF, and FDR on Profitability of Sharia Commercial Banks in Indonesia. E-ISSN: 2615-3076. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences. Vol. 2. No. 3.
[10] http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/412
[11] Sitompul, Saleh dan Siti Khadijah. 2020. Analysis Net Profit, Dividend, Debt, Cash Flow, and Capital Net Working That Influence Investment Decisions on Manufacturing Companies. International Journal of Research and Review. Vol.7; Issue: 3; March 2020. https://www.ijrrjournal.com/archive_ijrr_vol.7_issue3.html
[12] Sitompul, Saleh dan Siti Khadijah. 2020. Analysis Net Profit, Dividend, Debt, Cash Flow, and Capital Net Working That Influence Investment Decisions on Manufacturing Companies. International Journal of Research and Review. Vol.7; Issue: 3; March 2020.
[13] Sitompul, Saleh. et al. (2021). The Influence Of Exchange Rate, Inflation, For The Results Of The Development Assets Of Islamic Banks. Vol. 4, Issue 3, March – 2021: 138-148.
[14] Sudana, I.M. (2011). Managemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[15] Zubir, Z. (2013). Managemen Portofolio: Penerapannya dalam Investasi Saham. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Published
2021-09-26
How to Cite
Sitompul, S., Wijaya, B. H., Choky, N., Nazhifah, M., & Fenny, F. (2021). PENGENALAN DASAR-DASAR INVESTASI PADA GURU-GURU MADRASAH AL-QUBA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 343-348. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.886
Section
Articles