PEMBERDAYAAN MAHASISWA KOS MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SOUVWISNAR (SOUVENIR WISUDA DAN SEMINAR) DI DUSUN YUSUF HASYIM DESA GAMPONG TEUNGOH KOTA LANGSA)

  • Hartutik Hartutik Universitas Samudra
  • urmasyitah urmasyitah Universitas Samudra
Keywords: Pemberdayaan, Mahasiswa, Pengabdian, Souvenir Wisuda dan Seminar

Abstract

Dusun Yusuf Hasyim Desa Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Nangroe Aceh Darussalam merupakan lokasi yang menjadi tempat sasaran tim pengabdian masyarakat. Di daerah ini banyak dijumpai tempat kos-kosan bagi mahasiswa dari kampus Universitas Samudra dan IAIN Langsa. Keterampilan dan peluangĀ  berwirausaha yang tim pengabdian berikan kepada mahasiswa adalah membuat SOUVWISNAR (souvenir wisuda dan seminar) dalam bentuk buket bunga dan buket jajanan. Adapun yang menjadi permasalahan mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu: 1. Belum adanya pelatihan yang diberikan pada mahasiswa kos Dusun Yusuf Hasyim Desa Gampong Teungoh tentang cara membuat produk souvenir wisuda dan seminar. 2. Masih minimnya pengetahuan mahasiswa mengenai prospek penjualan produk souvenir wisuda dan seminar. Metode dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah perencanaan, proses, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pada saat perencanaan, proses, dan evaluasi telah berjalan sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Pada saat pelatihan walaupun memakan banyak waktu, membutuhkan ketekunan, keuletan, kesabaran, kreatifitas namun peserta pelatihan dapat mengikuti dengan baik dan ikut terlibat aktif dalam membuat Souvwisnar. Luaran yang dicapai berupa produk souvenir wisuda dan seminar dalam bentuk buket bunga dan buket jajanan serta jurnal.

References

Dusun Yusuf Hasyim Desa Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Nangroe Aceh Darussalam merupakan lokasi yang menjadi tempat sasaran tim pengabdian masyarakat. Di daerah ini banyak dijumpai tempat kos-kosan bagi mahasiswa dari kampus Universitas Samudra dan IAIN Langsa. Keterampilan dan peluang berwirausaha yang tim pengabdian berikan kepada mahasiswa adalah membuat SOUVWISNAR (souvenir wisuda dan seminar) dalam bentuk buket bunga dan buket jajanan. Adapun yang menjadi permasalahan mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu: 1. Belum adanya pelatihan yang diberikan pada mahasiswa kos Dusun Yusuf Hasyim Desa Gampong Teungoh tentang cara membuat produk souvenir wisuda dan seminar. 2. Masih minimnya pengetahuan mahasiswa mengenai prospek penjualan produk souvenir wisuda dan seminar. Metode dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah perencanaan, proses, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pada saat perencanaan, proses, dan evaluasi telah berjalan sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Pada saat pelatihan walaupun memakan banyak waktu, membutuhkan ketekunan, keuletan, kesabaran, kreatifitas namun peserta pelatihan dapat mengikuti dengan baik dan ikut terlibat aktif dalam membuat Souvwisnar. Luaran yang dicapai berupa produk souvenir wisuda dan seminar dalam bentuk buket bunga dan buket jajanan serta jurnal.
Published
2021-09-26
How to Cite
Hartutik, H., & urmasyitah, urmasyitah. (2021). PEMBERDAYAAN MAHASISWA KOS MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SOUVWISNAR (SOUVENIR WISUDA DAN SEMINAR) DI DUSUN YUSUF HASYIM DESA GAMPONG TEUNGOH KOTA LANGSA). E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 303-310. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/881
Section
Articles