PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN PRODUKSI PADA USAHA TELUR ASIN RAMADANI

  • Ana Dhaoud Daroin Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Nila Andriani Universitas PGRI Madiun
  • Maretha Berliantiya Universitas PGRI Madiun
  • Yahya Reka Wirawan Universitas PGRI Madiun
  • Ayu Lestari Universitas PGRI Madiun
Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; Pelayanan; Standar Operasional Prosedur (SOP).

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas PGRI Madiun ini bertujuan untuk (1) Mengedukasi karyawan pentingnya manajemen sumberdaya manusia dan manajemen produksiĀ  melalui standar operasional prosedur pelayanan yang baik; (2) Terbentuknya kebiasaan yang baik melalui standar operasional pelayanan prima; (3) Meningkatkan potensi kearifan lokal ekonomi (local genuine economic) untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan Pendapatan usaha telur asin Ramadaani. Kegiatan ini dawali dengan mengadakan pelatihan manajemen sumberdaya manusia dan manajemen produksi yang diikuti oleh karyawan telur asin ramadani .Luaran dari penelitian ini adalah simulasi standar operasional prosedur (SOP) pelayanan prima kepada konsumen. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pihak yang terlibat pada beberapa peserta yang menjadi sasaran pelatihan, didapatkan masukan yang menyampaikan kebermanfaatan program pelatihan tersebut.

References

[1] Ariyani, Emma Dwi. (2010). Penerapan Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung. Jurnal imu administrasi, VII (1),18-24.
[2] Asih, Nyoman Suparmanti. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima (Service Excellence) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7 (2).
[3] Utami, Ida Ayu Inten Surya.,Jatra, I Made. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984-2000.
[4] Zuraya, N. (2020). 3 Dampak Besar Pendemi Covid-19 bagi Ekonomi RI. Republika.co.id.
Published
2021-09-26
How to Cite
Daroin, A., Andriani, D., Berliantiya, M., Wirawan, Y., & Lestari, A. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN PRODUKSI PADA USAHA TELUR ASIN RAMADANI. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 291-296. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i3.879
Section
Articles