PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA BAGI GURU SMP NEGERI PALEMBANG

  • Febriyanti Panjaitan Universitas Bina Darma
  • Edi Supratman Universitas Bina Darma
  • Ari Muzakir Universitas Bina Darma
Keywords: SMPN 29 Palembang & Media Pembelajaran

Abstract

Media pembelajaran yang interaktif sangat dibutuhkan apalagi pada perkembangan teknologi saat ini. Kompetensi guru dibutuhkan dalam menguasai teknologi informasi tersebut guna menunjang peningkatan mutu pembelajaran. Pada salah satu sekolah negeri yang ada di kota Palembang beberapa guru masih menggunakan media buku yang berbentuk gambar atau teks sebagai bahan ajar dan kurangnya panduan dalam penggunaan aplikasi berbasis multimedia membuat kurang termotivasi. Aplikasi multimedia yang membutuhkan pemahaman tidak terlalu banyak adalah aplikasi Ms. PowerPoint, aplikasi ini dapat membantu guru untuk membuat materi pembelajaran semakin menarik sehingga penyampaian materi ke siswa dapat lebih optimal. Metode dalam kegiatan pengabdian adalah melakukan identifikasi masalah, solusi permasalahan, tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan evaluasi. Dari metode tersebut memberikan hasil bahwa kemampuan guru dalam memahami materi terlihat jelas dari hasil materi yang telah dibuat, sehingga memberikan optimisme bahwa nantinya guru akan mengimplementasikan kegiatan pelatihan ini dalam memberikan materi ajar kepada siswa akan lebih baik, menarik dan atraktif sehingga siswa dapat memahami dengan baik untuk materi yang diberikan oleh guru

References

[1] Abu, Ahmadi, and Supriyono Widodo. 2004. “Psikologi Belajar.” Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Ananda, Rusydi, Tien Rafida, and Candra Wijaya. 2017. “Pengantar Evaluasi Program Pendidikan.”
[3] Badri, Nur, and Berliana Kusuma Riasti. 2017. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada SMK Negeri Tiga Jepara Dengan Materi Power Point 2007.” Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi 4(1).
[4] Hudiono, Bambang. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis TIK Menggunakan Slideshow Powerpoint by Using Audio Effect Bagi Guru Matematika SMP Pedalaman Kubu Kalimantan Barat.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4(1).
[5] Sakiah, Nur Afifatus, and Kiki Nia Sania Effendi. 2021. “Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP.” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika) 7(1): 39–48.
[6] Wijayanti, Rizki Noor. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Powerpoint Sistem Eksresi Kelas Xi Mipa MAN Kota Palangka Raya.”
Published
2021-06-10
How to Cite
Panjaitan, F., Supratman, E., & Muzakir, A. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA BAGI GURU SMP NEGERI PALEMBANG. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 277-282. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.654
Section
Articles