PELATIHAN PEMBUATAN KERUPUK “DEBOG PISANG” DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA KONANG KECAMATAN GLAGAH LAMONGAN JAWA TIMUR

  • Anita Anita Universitas Islam Majapahit
  • Eko Sutrisno Universitas Islam Majapahit
  • Pinasthika R W Wiratara Universitas Islam Majapahit
  • Raida Amelia Ifadah Universitas Islam Majapahit
Keywords: Debog Pisang & Pengemasan

Abstract

Tanaman pisang merupakan tanaman yang mudah ditemukan di daerah-daerah di Indonesia. Sampai saat ini bagian tanaman pisang yang dimanfaatkan oleh masyrakat adalah buah, kulit dan daunnya. Sementara debog pisang / batang pisang belum banyak dimanfaatkan kecuali untuk pakan bebek. Seiring dengan ilmu pengetahuan yang berkembang, ternyata debog pisang mengandung gizi seperti serat, karbohidrat dan Vitamin yang masih bisa dimanfaatkan dalam bentuk oalahan pangan. Hal ini memungkinkan debog pisang diolah menjadi olahan makanan ringan yang disukai semua kalangan dan semua umur seperti olahan kerupuk. Desa konang Kecamatan Glagah Lamongan merupakan desa yang hampir setiap sudut rumah pekarangan mempunyai tanaman pisang, tentunya sangat memungkinkan untuk dilakukan pelatihan kepada warga setempat membuat olahan kerupuk debog pisang. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada anggota Ibu-ibu PKK desa Konang Kecamatan Glagah Lamongan melalui praktek atau demo langsung serta memberikan pelatihan teknik pengemasan agar terjamin mutu cita rasa produk.Program pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu pembuatan kerupuk debog pisang, pengemasan menggunakan standing pouch dan membuat label pengemasan. Dampak positif dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain mengurangi limbah debog pisang, memberikan pengetahuan pembuatan kerupuk debog pisang dan meningkatkan ketrampilan dalam menentukan pengemasan suatau produk pangan dan membantu meningkatkan pendapatan secara ekonomi masyarakat Desa Konang Kecamatan Glagah Lamongan

References

[1] Sulistyandari, Ekaningtyas Widiastuti, and Suci Indriati. “KEMASAN PRODUK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN KERUPUK RAMBAK ‘MIRASA’ DI DESA DUKUHTURI, KEC. BUMIAYU, KAB. BREBES.” Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (December 13, 2017): 1.
[2] Agustin, Arin Tria. “PENGARUH METODE DAN SUHU BLANCHING TERHADAP PERSENYAWAAN SERAT BATANG PISANG SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN ARES.” Pro Food 6, no. 1 (July 9, 2020): 609.
[3] Munadjim. Teknologi Pengelolaan Pisang. Jakarta: PT. Gramedia, 1983.
[4] R, Rukmana. Aneka Olahan Limbah Dari Tanaman Pisang, Jambu Mete, Rosella. Yogyakarta: Kanisius, 2005.
[5] Rohmani, Sholichah, and Adi Yugatama. “Pemberdayaan Masyarakat melalui Wirausaha Kerupuk Bonggol Pisang di Kabupaten Sukoharjo.” Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 5, no. 2 (June 28, 2019): 103–108.
[6] SURYALITA. “Review Beraneka Ragam Jenis Pisang Dan Manfaatnya.” Prosiding Seminar Nasional Biodiversitas Indonesia (Agustus 2019): 3.
[7] Wiguna, Satrio Pandu. “Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Jajan Khas Kota Gresik.” UIN Malang, 2007.
Published
2021-05-25
How to Cite
Anita, A., Sutrisno, E., Wiratara, P., & Ifadah, R. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN KERUPUK “DEBOG PISANG” DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA KONANG KECAMATAN GLAGAH LAMONGAN JAWA TIMUR. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 197-204. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.587
Section
Articles