Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19

(Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021)

  • Ahmad Ulil Albab Al Umar IAIN Salatiga
  • Anava Salsa Nur Savitri IAIN Salatiga
  • Yolanda Sryta Pradani IAIN Salatiga
  • Mutohar Mutohar IAIN Salatiga
  • Nur Khamid IAIN Salatiga
Keywords: Covid 19,, Kuliah Kerja Nyata, Mahasiswa, Pandemi

Abstract

Kuliah Kerja Nyata saatpandemi covid-19 seperti ini berbeda dengan KKN pada umumnya. KKN pada saatpandemi covid-19 bisa dilakukan secara kelompok langsung di lapangan dan bisa secara mandiri daring. Dengan adanya KKN di tengah pandemi covid-19 diharapkan Mahasiswa tetap memiliki urgensi pengabdian sehingga dapat mengembangkan kompetensi Mahasiswa dan interaksi dalam bersosial di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peran Kuliah Kerja Nyata sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah kelompok 122 KKN IAIN Salatiga yakni 3 orang Mahasiswa serta 3 masyarakat. Metode pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode wawancara pada Penelitian ini digunakan bertujuan menggali informasi kepada masyarakat mengenai kebermanfaatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi covid 19. Hasil pada Penelitian inimenunjukkan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi masih tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan peran Mahasiswa masih bisa dilakukan dengan rangkaian kegiatan inovatif serta tetap menjalankan protokol kesehatan

References

Afifah, Anisatun Nur, Annisa Ul Muthohharoh A P, Bunga Aulia Hasnandya, Jannatun Makwa, Khoirul Azis, M Ulin Nuha, Meliya Susanti, Mia Permata Sari, Muhammad Azmi Zain W, and Shohibul Maqom. “Peran KKN Dalam Pembangunan Masyarakat : Pelaksanaan Sosialisasi Zakat Produktif Sebagai Sarana Untuk Mengaktifkan Kembali Organisasi Badan Amil Zakat” 1, no. 2005 (2019): 193–195.
Ali, Muhammad. Penelitian Kependidikan, Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa, 2000.
Al Hakim, Rosyid Ridlo. “Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 Di Sokanegara Purwokerto Banyumas.” Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ) 2, no. 1 (2020): 7–13. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/125.
LP2M. Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahasiswa Program S1. IAIN Salatiga, 2021.
Pitaloka, Herninda, Ahmad Ulil Albab Al Umar, Eka Resmi Hartati, and Dessy Fitria. “The Economic Impact of Covid 19 Outbreak: Evidance From Indonesia.” Jurnal Inovasi Ekonomi 5, no. 3 (2020).
Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Cetakan pe. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Soejono, Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 57.
Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, 2011.
Undang Undang No 12 Tahun 2012, n.d.
Published
2021-01-24
How to Cite
Albab Al Umar, A., Nur Savitri, A., Pradani, Y., Mutohar, M., & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-44. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i1.377
Section
Articles