PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH ALAM AMINAH DALAM PENERAPAN PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PRINSIP 3R

  • Putri Permatasari Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Joko Winarno Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Suwarto Suwarto Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Agung Wibowo Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Pendidikan Lingkungan, Pengelolaan Sampah, Reduce, Reuse, Recycle, Sekolah Alam

Abstract

Pendidikan lingkungan bagi anak-anak menjadi hal yang penting untuk diajarkan agar anak-anak lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang perlu dikelola dengan tepat. Edukasi tentang pengelolaan sampah diberikan ke anak-anak untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang mengelola sampah. Edukasi pengelolaan sampah dengan mengenalkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan oleh Tim Pengabdian RG Penyuluhan Pertanian UNS di Sekolah Alam Aminah Kabupaten Sukoharjo dengan pendampingan bagi para siswa dalam pengelolaan sampah. Kegiatan ini diawali dengan persiapan, pelaksanaan melalui sosialisasi, pelatihan dan praktik secara langsung untuk mengelola sampah dan evaluasi. Kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam memilah dan mengolah sampah berbasis prinsip 3R. Adanya antusiasme dan keaktifan para siswa selama kegiatan ini berlangsung. Para siswa Sekolah Alam Aminah diharapkan dapat menerapkan pengelolaan sampah yang sudah diberikan selama pendampingan, baik di lingkungan sekolah maupun rumah

References

[1] Adicita, Yosef, Gita Prajati, Darwin, I Wayan Koko Suryawan, Muhammad Rizky Apritama, and Anshah Silmi Afifah. "Edukasi Peduli Sampah Sedari Dini untuk Anak-Anak Pulau Lengkang, Kota Batam." ALTRUIS : Journal of Community Services (2020): 71-80.
[2] Arisona, Risma Dwi. "Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan." Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam (2018): 39-51.
[3] Hasnah, Dinda, and Jihan Rayuda. "Pengenalan Sekolah Alam Bukittinggi serta Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Alam Bukittinggi." Jurnal Pendidikan dan Keguruan (2023): 656-663.
[4] Maerani, Alia Ira, Rofida Kania Maharani, Muhamad Nasrur Rohman, Dwi Eriyani, Fatichatin Nabila, and Aldithiya Wahyudha. "Metode Edukasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Plastik untuk Kerajinan di SDN Bedono 1 Sayung, Demak." Indonesian Journal of Community Services (2023): 144-122.
[5] Novitasari, Riska, Herri Gunawan, Indah Nurhidayati, and Yetty Faridatul Ulfah. "Implementasi Metode Outdoor Learning pada Pembelajaran PAI di Sekolah Alam Aminah Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022." AL'ULUM: Jurnal Pendidikan Islam (2023): 88-98.
[6] Purnomo, Sekar Chairunnisa, Alan Primayoga, Katherina Irene Dhamayanti, Joice Lumban Tobing, Nur M.Vinda Jihanto, and Emy Setyaningsih. "Gebyar Anak Peduli Sampah Sebagai Media Edukasi Pengelolaan Sampah Pada Anak-anak di Kelurahan Klitren Yogyakarta." JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat (2023): 128-136.
[7] Putranto, Panji. "Prinsip 3R: Solusi Efektif untuk Mengelola Sampah Rumah Tangga." INNOVATIVE: Journal of Social Science Research (2023): 8591-8605.
[8] Safira, Ajeng Rizki, and Indah Wati. "Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini." JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) (2020): 1-5.
[9] Samernya, Larisa, Aditi Ramola, Bjorn Alfthan, and Claudia Giacovelli. "Waste Management Outlook for Mountain Regions: Sources and Solutions." Waste Management & Research (2017): 935-939.
[10] Setiawati, Nanda Ayu. "Implikasi Metode Belajar Bersama Alam di School of Universe." Continuous Education: Journal of Science and Research (2020): 36-42.
Published
2024-07-12
How to Cite
Permatasari, P., Winarno, J., Suwarto, S., & Wibowo, A. (2024). PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH ALAM AMINAH DALAM PENERAPAN PENGELOLAAN SAMPAH DENGAN PRINSIP 3R. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 765-772. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3432
Section
Articles