MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PENGEMUDI BECAK MELALUI PENDEKATAN REFLEKTIF
Abstract
Sebagai pusat kota & perekonomian, Malioboro banyak dikunjungi wisatawan domestik dan asing. Maraknya hotel dan obyek wisata di Yogyakarta, terutama Malioboro merupakan peluang besar tidak hanya bagi para pengusaha namun juga pengemudi becak. Dengan semakin bertambahnya jumlah wisatawan asing yang masuk kota Yogyakarta, menuntut para pengemudi becak untuk meningkatkan kemampuan mereka berkomunikasi dalam bahasa Inggris kepada para penumpang asing. Hal inilah yang nantinya menjadi salah satu faktor yang membedakan penghasilan mereka. Tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada Paguyuban Tukang Becak di Wilayah Kampung Ketandan Malioboro Yogyakarta dengan tujuan membantu peserta pelatihan untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan wisatawan asing. Kegiatan dimulai dengan menawarkan program pelatihan kepada Ketua Paguyuban, merencanakan materi sesuai kebutuhan para pengemudi becak, membuat modul pelatihan, dan melakukan pelatihan bahasa Inggris. Metode drilling dan roleplay menjadi bagian dari pelatihan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dalam menggunakan bahasa Inggris.
References
Dombi, Judit. 2011. “English as a Lingua Franca in Intercultural Communication.” Bulletin of the Transilvania University of Brasov 4, no. 1: 183–86. https://www.academia.edu/69733345/English_as_a_Lingua_Franca_in_Intercultural_Communication.
Guillen, Marie Danielle V. 2001. “A Study of Non-Motorized Public Transportation in Urban and Urbanizing Areas: The Case of Pedicab Operations in the City of Manila and in the Municipality of Los Baños , Laguna.” Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 27–39. http://easts.info/on-line/proceedings/vol3no1/310003.pdf.
Irene, ELmer, Fe Laurilla, and Jhonil Bajado. 2015. “Role of Non-Motorized Public Transport in the Poverty Alleviation of Marginalized Sectors.” 3rd International Research Conference in Higher Education (IRCHE), no. December. https://www.researchgate.net/publication/291756548_Role_of_Non-Motorized_Public_Transport_in_the_Poverty_Alleviation_of_Marginalized_Sectors.
Kumar, Tribhuwan. 2020. “The Asian ESP Journal Autumn Edition” 16, no. 4: 153–68. https://www.asian-esp-journal.com/volume-16-issue-4-july-2020/.
Oktarina Abizia, Sugiyanto Sugiyanto, Rini Dorojati, and Irsasri Irsasri. 2023. “Mindset of the Future of Street Trader in Teras Malioboro.” International Journal of Social Science 2, no. 6: 2453–64. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i6.5602.
Rao, P, Srinivas. 2019. “The Importance of Speaking Skills in English Classrooms.” Alford Council of International English & Literature Journal 2, no. 2: 6–18. www.acielj.com.
Rizal, A., P. Suharso, W. Hartanto, Sukidin, H. M. Ani, and L. O. Mardiyana. 2021. “Adaptation Strategies for Pedicab Drivers in Their Socio-Economic Life.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 747, no. 1: 1–6. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012100.
Sari, Wahyu Apri W., Cahyaning D. Handayani, Yulina Rahayu L. Putri, and Ratna T. Dewa. 2017. “A System to Preserve Pedicab as Cultural Heritage in Solo City, Indonesia.” AIP Conference Proceedings 1855. https://doi.org/10.1063/1.4985504.
Syafryadin, Syafryadin, and Saad Boulahnane. 2021. “Immersing Japanese Students Into English Language Learning: Songs, Games and Cultures.” Cakrawala Pendidikan 40, no. 3: 554–63. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.37153.