MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PENGEMUDI BECAK MELALUI PENDEKATAN REFLEKTIF

  • Rosyidah Jayanti Vijaya Universitas Amikom Yogyakarta
  • Marita Nurharjanti Universitas Amikom Yogyakarta
  • Hermenegildus Agus Wibowo Universitas Amikom Yogyakarta
  • Estiningsih Estiningsih Universitas Amikom Yogyakarta
  • Naufal Zulfikar Daffa Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords: Drilling Method, Reflective Approach, Speaking Skills, Educational Experience, Pedicab Drivers

Abstract

Sebagai pusat kota & perekonomian, Malioboro banyak dikunjungi wisatawan domestik dan asing. Maraknya hotel dan obyek wisata di Yogyakarta, terutama Malioboro merupakan peluang besar tidak hanya bagi para pengusaha namun juga pengemudi becak. Dengan semakin bertambahnya jumlah wisatawan asing yang masuk kota Yogyakarta, menuntut para pengemudi becak untuk meningkatkan kemampuan mereka berkomunikasi dalam bahasa Inggris kepada para penumpang asing. Hal inilah yang nantinya menjadi salah satu faktor yang membedakan penghasilan mereka. Tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada Paguyuban Tukang Becak di Wilayah Kampung Ketandan Malioboro Yogyakarta dengan tujuan membantu peserta pelatihan untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan wisatawan asing. Kegiatan dimulai dengan menawarkan program pelatihan kepada Ketua Paguyuban, merencanakan materi sesuai kebutuhan para pengemudi becak, membuat modul pelatihan, dan melakukan pelatihan bahasa Inggris. Metode drilling dan roleplay menjadi bagian dari pelatihan. Hasil menunjukkan  adanya peningkatan pengetahuan peserta dalam menggunakan bahasa Inggris.

References

Amirkhanova, Karina Muratovna, and Natalia Nikolaevna Bobyreva. 2020. “Communication in Training Future Efl Teachers: Simulation and Roleplay in the English Classroom.” International Journal of Higher Education 9, no. 8: 7–12. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n8p7.
Dombi, Judit. 2011. “English as a Lingua Franca in Intercultural Communication.” Bulletin of the Transilvania University of Brasov 4, no. 1: 183–86. https://www.academia.edu/69733345/English_as_a_Lingua_Franca_in_Intercultural_Communication.
Guillen, Marie Danielle V. 2001. “A Study of Non-Motorized Public Transportation in Urban and Urbanizing Areas: The Case of Pedicab Operations in the City of Manila and in the Municipality of Los Baños , Laguna.” Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 27–39. http://easts.info/on-line/proceedings/vol3no1/310003.pdf.
Irene, ELmer, Fe Laurilla, and Jhonil Bajado. 2015. “Role of Non-Motorized Public Transport in the Poverty Alleviation of Marginalized Sectors.” 3rd International Research Conference in Higher Education (IRCHE), no. December. https://www.researchgate.net/publication/291756548_Role_of_Non-Motorized_Public_Transport_in_the_Poverty_Alleviation_of_Marginalized_Sectors.
Kumar, Tribhuwan. 2020. “The Asian ESP Journal Autumn Edition” 16, no. 4: 153–68. https://www.asian-esp-journal.com/volume-16-issue-4-july-2020/.
Oktarina Abizia, Sugiyanto Sugiyanto, Rini Dorojati, and Irsasri Irsasri. 2023. “Mindset of the Future of Street Trader in Teras Malioboro.” International Journal of Social Science 2, no. 6: 2453–64. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i6.5602.
Rao, P, Srinivas. 2019. “The Importance of Speaking Skills in English Classrooms.” Alford Council of International English & Literature Journal 2, no. 2: 6–18. www.acielj.com.
Rizal, A., P. Suharso, W. Hartanto, Sukidin, H. M. Ani, and L. O. Mardiyana. 2021. “Adaptation Strategies for Pedicab Drivers in Their Socio-Economic Life.” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 747, no. 1: 1–6. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012100.
Sari, Wahyu Apri W., Cahyaning D. Handayani, Yulina Rahayu L. Putri, and Ratna T. Dewa. 2017. “A System to Preserve Pedicab as Cultural Heritage in Solo City, Indonesia.” AIP Conference Proceedings 1855. https://doi.org/10.1063/1.4985504.
Syafryadin, Syafryadin, and Saad Boulahnane. 2021. “Immersing Japanese Students Into English Language Learning: Songs, Games and Cultures.” Cakrawala Pendidikan 40, no. 3: 554–63. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.37153.
Published
2024-06-24
How to Cite
Vijaya, R., Nurharjanti, M., Wibowo, H. A., Estiningsih, E., & Daffa, N. Z. (2024). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PENGEMUDI BECAK MELALUI PENDEKATAN REFLEKTIF. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 641-646. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3411
Section
Articles