PELATIHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN SISWA SMK PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA

  • I Ketut Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: literasi digital, melek teknologi, pembelajaran bahasa

Abstract

Masalah digitalisasi dalam pendidikan di SMK belum menjadi fokus utama sehingga, capain tujuan belajar tidak maksimal.  Pengabdian melalui literasi digital bagi guru dan siswa SMK pariwisata  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam konteks penguasaan bahasa pendidikan pariwisata. Sosiaisasi dan pelatihan digital literasi diberikan untuk 20 orang guru dan siswa melalui kegiatan workshop. Metode pelaksanaan program melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Teknik pelatihan melalui ceramah, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Ahli dibidangnya dilibatkan untuk memberikan materi tentang pembuatan soal dan pelaksanaan pembelajaran daring dalam berbagai platform digital melalui short digital course. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan kuantitas dan kualitas  guru dan siswa dalam menggunakan platform digital sehingga pembelajaran bahasa lebih efisien dan inovatif. Dapat simpulkan bahwa melalui keterampilan digital literasi, guru dapat meningkatkan ketrampilan siswa dan motivasi mereka dalam penggunaan bahasa Kegiatan ini berimplikasi positif menghadapi tantangan pendidikan yang terus terdigitalisasi sehingga memberikan dampak signifikan bagi guru, siswa, dan lembaga.

References

Amarulloh, Adhitya, Endang Surahman, and Vita Meylani. 2019. “Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 1.
Azis, Taufiq Nur. 2019. “Strategi Pembelajaran Era Digital.” In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1:308–18.
Dinata, Karsoni Berta. 2021. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 19, no. 1: 105–19. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1. 2499.
Efendi, Neng Marlina. 2018. “Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif).” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2, no. 2: 173–82.
Pradana, Yudha. 2018. “Atribusi Kewargaan Digital Dalam Literasi Digital.” Untirta Civic Education Journal 3, no. 2. https://doi.org/10.30870/ucej.v3i2.4524.
Rahma, Febrizka Alya, Hary Soedarto Harjono, and Urip Sulistyo. 2023. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Basicedu 7, no. 1: 603–11.
Sa’diyah, Kalimatus. 2021. “Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4: 1298–1308.
Sitepu, Ekalias Noka. 2022. “Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Prosiding Pendidikan Dasar 1, no. 1: 242–48.
Sutrisna, I Putu Gede. 2020. “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 8, no. 2: 269–83. https://doi.org/10.59672/stilistika.v8i2.773.
Wardana, I Ketut, Putu Sri Astuti, and Ni Luh Sukanadi. 2020. “Sikap Belajar Dan Kemahiran Bahasa Inggris Karyawan Mexicola Melalui Pelatihan Berbasis Pelibatan Terpadu.” Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian Dan Penerapan Ipteks 9, no. 1: 78–102.
Published
2024-06-26
How to Cite
Wardana, I. K., & Susrawan, I. N. (2024). PELATIHAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU DAN SISWA SMK PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBAHASA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 701-708. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3410
Section
Articles