PELAKU USAHA UMKM NAIK KELAS DENGAN PEMASARAN DI MARKETPLACE

  • Siti Martiah Univeristas Indraprasta
  • Berta Dian Theodora Univeristas Indraprasta
Keywords: UMKM, Pemasaran, Marketplace

Abstract

Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam melakukan kegiatan usahanya  perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Perkembangan dunia digital merupakan hal penting untuk diikuti, karena UMKM harus dapat membaca peluang pasar dengan memanfaatkan teknologi. Pemasaran dan penjualan pada UMKM yang selama masa pandemi terbukti mengalami kesulitan untuk berkembang, dapat meningkatkan penjualan dengan adanya transformasi digital sehingga menjadi salah satu cara yang diharapkan dapat membantu UMKM untuk tidak hanya bertahan namun terus  berkembang. Saat ini masih ada pelaku UMKM yang belum melek teknologi, padahal banyak manfaat yang diperoleh pelaku UMKM jika sudah familiar menggunakan teknologi termasuk memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produk mereka.

References

[1] Fadhilah Ramadhani, Yaenal Arifin, Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015, dalam Jurnal Economics Development Analisys Journal. Edaj 2 (2) (2013),hlm.136.
[2] https://acommerce.co.id/ecommerce-landscape-indonesia/
[3] https://medium.com/tenggok/kenapa-marketplace-menjadi-penting-8dc19cd63c5d
[4] https://outletz.id/5-alasan-penting-anda-perlu-mencoba-jualan-di-marketplace/
[5] https://www.alona.co.id/bisnis/perhatikan-ini-sebelum-memulai-jualan-di-marketplace/
[6] Setyorini, Retno dan Rey, R. Oktavianry (2017) Analisis Model Bisnis Pada Eighteen Nineteen Laundry Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis. Volume I, Number 1, 2017. E-ISSN : 2580 – 8095
[7] Undang-Undang Usaha Mokro, Kecil dan Menengah. Pustaka Mahardika, Yogyakarta, 2013, hlm. 3.
[8] Warren, Reeve dan Duchac, Accounting, 25th Edition, South Western Cengage Learning, 2014
[9] Weygandt, Kimmel dan Kieso, Financial Accounting IFRS Edition 2nd, Wiley Plus, 2017
Published
2024-06-16
How to Cite
Martiah, S., & Theodora, B. (2024). PELAKU USAHA UMKM NAIK KELAS DENGAN PEMASARAN DI MARKETPLACE. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 561-566. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3391
Section
Articles