PENYULUHAN KEMASAN PRODUK DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM AT-TAQWA PEKANBARU

  • Nurul Sukriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda Pekanbaru
  • Setiawati Setiawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda Pekanbaru
  • Refni Sukmadewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda Pekanbaru
Keywords: Pelatihan Desain Kemasan, UMKM

Abstract

Kemasan (packaging) merupakan salah satu ujung tombak penjualan suatu produk. Kemasan mempunyai peranan yang sangat penting karena akan selalu terkait dengan komoditi yang dikemas dan sekaligus merupakan nilai jual dan citra produk. Nilai jual ini meningkat ketika produk yang dihasilkan mendapat nilai tambah dari kemasan yang menarik. Sedangkan citra produk terkait dengan gambaran produk dalam benak konsumen akan semakin baik apabila produk itu dikemas secara baik, dengan kata lain produk dapat memberi kesan baik bagi konsumen. Penyuluhan desain kemasan produk untuk pelaku UMKM At-Taqwa pekanbaru ini untuk memberikan wawasan desain dan bentuk kemasan baru yang membuat produk menjadi lebih bernilai dan aman. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi mengenai pengenalan bentuk dan desain packaging, Metode demonstrasi mengenai contoh kemasan produk yang baik disesuaikan dengan produk yang diproduksi oleh UMKM, dilanjutkan dengan diskusi untuk menganalisis beberapa kemasan produk pembanding. Metode evaluasi dengan mengamati reaksi dan tanggapan yang didapat, yaitu peserta terlihat sangat antusias dan berdiskusi aktif untuk pengembangan kemasan produknya agar lebih bernilai jual. Pendampingan akan terus dilakukan setelah kegiatan penyuluhan ini. Tim pelaksana dari Program Studi Manajemen STIE Persada Bunda akan selalu siap membimbing dan mengarahkan pelaku usaha dalam pengembangan usahanya

References

[1] Yuyun dan Delli Gunarsa, 2011. Cerdas Mengemas Produk Makanan dan Minuman. Jakarta: Agro Media.
[2] Damayanti, C. 2015. Packaging the Brand. Modul Pelatihan. Rumah Kemasan Bandung
[3] Klimchuk dan Krasovec.2008. Desain Kemasan. Jakarta: Penerbit Erlangga
[4] Sulistyandari, Ekaningtyas Widiastuti, dan Suci Indriati. 2017. Kemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak “Mirasa” di Desa Dukuhturi, Kec. Bumiayu, Kabupaten Brebes. Jurnal Adimas.
[5] Eko Retno Indriyarti, Aekram Faisal, Moch. Sabur, Ganawati . 2021. Penyuluhan Peningkatan Kualitas Kemasan Produk Pada Pengrajin Tahu dan Tempe di Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. Jurnal Abdinus.
Published
2024-06-07
How to Cite
Sukriani, N., Setiawati, S., & Sukmadewi, R. (2024). PENYULUHAN KEMASAN PRODUK DALAM RANGKA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM AT-TAQWA PEKANBARU. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 539-542. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3337
Section
Articles