PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF PCNU KABUPATEN MALANG

  • Abd. Qadir Muslim Universitas Brawijaya
  • Hermawan Hermawan Universitas Brawijaya
  • Andrias Andrias Universitas Halu Oleo
  • Langgeng Setyono Universitas Brawijaya
  • Suryadi Suryadi Universitas Brawijaya
  • Ike Wanusmawati Universitas Brawijaya
Keywords: Manajemen, Pengelolaan Sekolah, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Pendidikan adalah aktivitas yang harus terencana serta berlangsung seumur hidup dan merupakan kebutuhan bagi semua manusia. Setiap pelaku pendidikan terus berupaya menciptakan pendidikan yang bermakna agar tercapainya tujuan pendidikan nasional salah satunya dengan melakukan evaluasi dam pembaharuan Kurikulum. Kurikulum merupakan jantungnya lembaga pendidikan, karena kurikulum dimaksudkan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Dalam mewujudkan dan mengimplementasikan suatu kurikulum yang bermutu, maka diperlukannya manajemen Pendidikan yang baik agar suasana belajar dapat terlaksana secara aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan dan tercapainya tujuan Pendidikan secara efektif dan efisien. Cita-cita yang baik membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasi yang terarah. Kualitas pendidikan membutuhkan manajemen yang baik dan manajemen yang baik membutuhkan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan hal ini maka diperlukan kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Sekolah untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Lembaga Pendidikan agar implementasi Kurikulum Merdeka mampu berjalan efektif dan efisien

References

[1] Aida. E, Ahmad F., Wahyono. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Kota Cirebon.
[2] Dewi Luh., Astuti Eni. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv SDN 3 Apuan. ITP Makandeya: Bali.
[3] Susanto, R., Sofyan, H., Rozali, Y. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., … Lestari, T.H. (2020). Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03. . International Journal of Community Service Learning, 4(2), 25–138. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25657.
[4] Syofyan, H., Susanto R. (2023). Pelatihan Komite Pembelajaran dalam Menunjang Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Wilayah Jakarta Barat. Universita Esa Unggu: Jakarta Barat.
[5] Yuliani, S., Istiqomah, N., Purwandari, D., Agustin, F., H, N., Guci, R., Azis, M., & Cahyanti, P. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT MODUL AJAR DAN ASESMEN PADA KURIKULUM MERDEKA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 157-166. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i3.2825
[6] I Made Surya Hermawan, Dewa Gede Agus Putra Prabawa, I Made Diarta, I Ketut Wardana, Jesminarti Lero Zogara, & Ni Kadek Sintya Purnama Sari. (2023). PELATIHAN ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 2 KERAMBITAN, TABANAN, BALI. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 1367–1376. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i7.6803
Published
2024-04-07
How to Cite
Muslim, A., Hermawan, H., Andrias, A., Setyono, L., Suryadi, S., & Wanusmawati, I. (2024). PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF PCNU KABUPATEN MALANG. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 231-240. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i1.3196
Section
Articles