PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA/I MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR

  • Eksa Rusdiyana Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Rafi’ Husaini Habibi Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Galih Adithya Aziz Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ryan Bagus Putro Utomo Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Muhammad Ariq Muzakki Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Aflakha Tazakka Susanto Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Atikah Muthmainnah Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sinta Ragil Saputri Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ro’ikhatul Jannah Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Bekti Wahyu Utami Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Literasi Digital, Canva, KKN UNS, MTS Muhammadiyah 6

Abstract

Pendidikan tentang literasi digital perlu ditingkatkan terutama bagi kalangan remaja seperti siswa sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan/literasi digital bagi siswa/i MTs Muhammadiyah 6 di Desa Karangturi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui implementasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Kelompok 56.  Bentuk program berupa pemberian materi literasi digital dan praktek mengoperasikan aplikasi Canva untuk kebutuhan desain digital. Alur kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi, sosialisasi pra-program, pelaksanaan program, serta evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya antusiasme siswa/i terlihat dari reaksi positif mereka selama pemaparan materi. Keaktifan siswa/i menciptakan suasana yang interaktif dan mendukung pertukaran ide antara pemateri dan peserta. Hasil praktek canva para siswa dipamerkan dalam kegiatan Market Day milad sekolah mendorong siswa menampilkan karya terbaiknya

References

[1] Ariani, N K, and P R Ujianti. “Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini.” J Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9, no. 1 (2021): 43–52.
[2] Basmantra, Ida Nyoman, and Ni Luh Gede Puspita Murdani. “Literasi Digital Dalam Mengatasi Berita Palsu (Hoaks) Covid-19 Pada Masyarakat Desa Adat Kampial.” GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 2 (2022): 387–97. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3476.
[3] Benaziria, B. “Pengembangkan Literasi Digital Pada Warga Negara Muda Dalam Pembelajaran Ppkn Melalui Model Vct.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10, no. 1 (2018): 11–20.
[4] Chandra, Mia Ayumi, and Reno Fernandes. “Strategi Guru SMA Negeri 7 Padang Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Masa Pembelajaran Daring.” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 2, no. 1 (2023): 34–43. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.104.
[5] Demmanggasa, Y, M Sabilaturrizqi, and Kasnawati. “Digitalisasi Pendidikan: Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorisasi Teknologi Pendidikan.” J Community Development 4, no. 5 (2023): 11158–11167.
[6] Dinata, Karsoni Berta. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 19, no. 1 (2021): 105. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499.
[7] Fauziah, Kurniati, Norma Bastian, and Zakiyyah Zakiyyah. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Pandemi Covid-19.” JoISE : Journal of Integrated Science Education 1, no. 1 (2023): 26–31. https://doi.org/10.32534/joise.v1i1.4665.
[8] Fitriani, Faisol A, and Wamiliana. “Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi GuruGuru SMK Di Bandar Lampung.” J Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 3 (2022): 193–202.
[9] Fitriyani, Fitriyani, and Arief Teguh Nugroho. “Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21.” Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 2, no. 1 (2022): 307–14. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416.
[10] Hadayani, Dwi Okta, Delinah, and Nurlina. “Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0).” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 21 (2020): 999–1015.
[11] Hardiyanti, Waode Eti, and Nurul Maulida Alwi. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD Pada Masa Pandemik COVID-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 3759–70. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657.
[12] Isnaini, K N, D F Sulistiyani, and Z F K Putri. “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva.” J Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5, no. 1 (2021): 291–295.
[13] Khairunnisa, Ain S Q. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar.” J Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022): 5519–5530.
[14] Kusumawati, A, S Hidayati, and R Riski. “Pelatihan Desain Poster Menggunakan Canva Bagi Siswa SMA Negeri 1 Surabaya.” Madani : Indonesian Journal Of Civil Society 5, no. 2 (2023): 145–154.
[15] Oktavian, R, I Hasanah, and Enung. “Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter.” J Inovasi Dan Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2021): 1–10.
[16] Saputra, Ajat, Zaenal Ibrohim, Sandi Iswara, Fajar Muharam, and Muhlis Kamil Mustofa. “Mengasah Kreativitas Peserta Didik SMPN 2 Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta Dengan Pelatihan Aplikasi Canva.” Jurnal Pengabdian Mandiri 2, no. 9 (2023): 1–8.
[17] Sjioen, A E, A Amaludin, and A Y Rukmana. “Bisnis Berkelanjutan Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Studi Tentang Dampak Dan Strategi Implementasi.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science 2, no. 3 (2023): 239–248.
[18] Tjahjaningsih, Y S, Fitria Harmoko, and N.J.L. “Sosialisasi Literasi Digital Terkait Cyber Crime Bagi Karang Taruna Gagak Rimang Di Desa Pabean.” J Abdimas Galuh 4, no. 2 (2022): 1240–1253.
Published
2024-03-22
How to Cite
Rusdiyana, E., Habibi, R., Aziz, G., Utomo, R., Muzakki, M., Susanto, A., Muthmainnah, A., Saputri, S., Jannah, R., & Utami, B. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA/I MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 195-204. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i1.3183
Section
Articles