PENGENALAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH TUNAS HARAPAN PONTIANAK

  • Arninda Arninda Jurusan Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Darusman Darusman Jurusan Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Ferdy Firmansyah Jurusan Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Pontianak
Keywords: Literasi Digital, E-Commerce, Bisnis Online

Abstract

Anak-anak masa kini merupakan generasi Z yang lahir dan di besarkan di era serba digital dan beragam teknologi canggih. Di era digitalisasi saat ini, perkembangan teknologi  telah berdampak terhadap perkembangan anak, terutama anak usia dini. Berbagai macam gadget secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi karakteristik mereka menjadi mandiri, cerdas dan penuh imajinasi (ingenuity), serta entrepreneurialism. E-commerce merupakan bagian dari kemajuan teknologi digital yang sudah menjadi gaya hidup masa kini yang praktis dan solutif bagi masyakarat. Sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk antri dan terkena macet. E-commerce juga menjadi tren industri online yang sangat popular karena menciptakan berbagai profesi baru. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai literasi digital kepada anak-anak di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Tunas Harapan Pontianak. Selain itu, juga memberikan gambaran tentang aplikasi e-commerce, agar anak-anak dapat memanfaatkan berbagai kemudahan belanja secara online, namun tetap memperhatikan berbagai aspek keamanan yang sangat penting bagi kenyamanan bertransaksi

References

[1] Anisa, N. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Dropship Online Businesss Berbasis ECommerce. Prodi Ekonomi Syariah Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
[2] Dharma, B. et al. (2022). Penerapan E-Commerce Terhadap Kinerja dan Pelaku Bisnis dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 2(2):4055-4061.
[3] Firamadhina, F.I.R. & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Social Work Journal. 10(2):199-208.
[4] Khasanah, U., & Herina. (2020). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
[5] Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi. 8(2): 205-222.
[6] Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital Dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan. 3(2):117-140.
[7] Sasmito, Y. W. D., & Prestianto, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Penerapan E-Commerce Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (JEMAP), 4(1):145-162.
Published
2024-02-12
How to Cite
Arninda, A., Darusman, D., & Firmansyah, F. (2024). PENGENALAN LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE DI PANTI ASUHAN ‘AISYIYAH TUNAS HARAPAN PONTIANAK. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 109-116. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i1.3097
Section
Articles