PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA BAGI GURU SDN SUKAMANAH 03 KABUPATEN BEKASI

  • Septi Fitri Meilana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulfadewina Zulfadewina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Media Pembelajaran, Teknologi, Aplikasi Camtasia, Kompetensi Guru

Abstract

Mengingat tantangan yang dihadapi para mitra, cara yang disarankan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dalam membuat materi edukasi dengan program Camtasia. Dengan melakukan pelatihan ini, berguna untuk meningkatkan kompetensi guru pada sekolah SDN Sukamanah 03 Kabupaten Bekasi. Selain itu juga membantu guru untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran berlandaskan teknologi yang kreatif dan inovatif. Metode pelaksanaan pengabdian akan diikuti oleh guru SDN Sukamanah 03 Kabupaten Bekasi secara luring dengan datang langsung ke SDN Sukamanah 03 Kabupaten Bekasi. kegiatan inti dimulai dengan pemaparan Materi petama yaitu mengenai RPP kurikulum merdeka mata pelajaran IPAS. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan Materi kedua mengenai pengenalan teknologi aplikasi Camtasia. Terakhir yaitu praktek pembuatan media Pembelajaran menggunakan aplikasi Camtasia. Berikut ini adalah beberapa langkah yang membentuk layanan ini: Tahapan A, B, dan C masing-masing untuk persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.   Keberhasilan penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi Camtasia akan dibahas melalui evaluasi pelaksanaan program pengabdian. Latihan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia menarik minat, kegembiraan, dan antusiasme para peserta pengabdian. Setelah mengikuti pelatihan, para peserta pengabdian diharapkan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya membuat materi pembelajaran yang menarik dan mutakhir, sehingga mereka dapat menggunakan dan mengimplementasikannya dalam upaya pendidikan mereka. Peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan baru dengan adanya program kemitraan masyarakat ini

References

Agustiningsih. (2015). Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung
Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. JOURNAL PEDAGOGIA, 4(1), 50-58.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan VideoPembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3, 116-137.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Indrawati, 2009. Pengelolaan Pelatihan PCT, DCT, dan Guru Pemandu di KKG/MGMP Program Bermutu: Panduan. Jakarta: Depdiknas, Dirjen PMPTK.
Musfiqqon. 2012, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka, Jakarta
Published
2024-01-31
How to Cite
Meilana, S. F., & Zulfadewina, Z. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA BAGI GURU SDN SUKAMANAH 03 KABUPATEN BEKASI. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 87-92. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i1.3089
Section
Articles