Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM Dapur Umik di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

  • Hana Catur Wahyuni Prodi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Ravita Hanun Prodi Akutansi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Khafidin Khafidin Prodi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Sertifikasi Halal, UMKM, Halal

Abstract

Halal merupakan indikator yang digunakan konsumen dalam memilih sebuah produk karena terkait dengan kepatuhan terhadap kewajiban sebagai pemeluk agama Islam dan mencerminkan kualitas produk. Secara eksplisit, produk halal ditunjukkan melalui sertifikat halal atas produk tersebut. UMKM Dapur Umik merupakan salah satu UMKM yang belum mempunyai sertifikat halal untuk stik bawang yang dihasilkannya. Ketidaktersediaan sertifikat tersebut disebabkan pemilik belum mengetahui proses dan prosedur pengajuan sertifikasi halal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk mendampingi pengajuan sertifikat halal untuk stik bawang yang diproduksi oleh UMKM Dapur Umik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode observasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan ditunjukkan dengan terbitnya sertifikat halal untuk stik bawang UMKM Dapur Umik pada tanggal 21 Juni 2023.

References

Adams, E. Kathleen, Nancy Breen, and Peter J. Joski. “Impact of the National Breast and Ce Adirestuty, F., Ramdiana, M. R., Rahayu, A., Monoarfa, H., Bahtar, A. Z. binti, Ahmad, Z. bin, & Mahmud, N. bin. (2021). Are Non-Muslim Consumers Interested in Foods with the Halal Label? Proceedings of the 5th Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship (GCBME 2020), 187(Gcbme 2020), 695–699. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210831.132
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Annisa, A. A., Hartiningsih, S., & Kholifah, S. (2022). What non-Muslims say about halal-certified products ? 4810, 43–58.
Durrotul, H. (2019). Sertifikasi Halal Di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, Dan Implementasi Halal Certification in Indonesia; History, Development, and Implementation. Journal of Halal Product and Research, 68–78. https://e-journal.unair.ac.id/JHPR/article/view/17007
Farhan, A. (2018). The issuance of Law Number 7 of 1996 concerning Products, Law Number 8 of 1999 Concerning Consumer Protection, Government Regulation Number. MANHAJ: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Volume 3, 1–16. http://ditjenspk.kemendag.go.id
Fauzi, M., Gunawan, A., & Darussalam, A. (2020). Upaya Baitul Maal Wa Tamwil Bertahan Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropfi Islam, 4(2), 141–152. https://doi.org/10.22236/alurban
Izzah Lubis, N. (2019). Analisis Loyalitas Konsumen Produk Berlabel Halal. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 51–59. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1661
Kalbarini, R. Y. (2022). Label Halal dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Usaha Maha Bakery di Kota Pontianak. Halal Research Journal, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.226
Muslichah, I., & Ibrahim, K. A. (2021). Antecedents of Intention to Buy Non-Muslim Halal Fast Foods: Evidence from the Biggest Muslim Population Country. JBTI : Jurnal Bisnis : Teori Dan Implementasi, 12(2), 115–128. https://doi.org/10.18196/jbti.v12i2.12759
Ramadhani, A., Dewi, H., Qawiyyu, R., Chusen, A., & Diana, L. (2022). Pendampingan sertifikasi halal dan NIB bagi UMKM di kelurahan Tanjungsari, Sukorejo, kota Blitar. Karya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 30–35.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia, 11(1), 33–59. https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/blc/article/view/298/216
Susetyohadi, A., Adha, M. A., Utami, A. D., & Rini, D. E. S. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Kesetiaan Konsumen Pada Produk Makanan dan Minuman: Studi Kasus Konsumen Non-Muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 285. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1866
Wahyuni, H. C., Handayani, P., & Wulandari, T. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i1.1271
Wahyuni, H. C., Putra, B. I., & Handayani, P. (2021). Risiko Halal Pada Rantai Pasok Makanan Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 2, 85–89. https://doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3515
Wahyuni, H. C., Putra, B. I., Handayani, P., & Maulidah, W. U. (2021). Risk Assessment and Mitigation Strategy in The Halal Food Supply Chain in The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 20(1), 1–8. https://doi.org/10.23917/jiti.v20i1.12973rvical Cancer Early Detection Program on Mammography and Pap Test Utilization among White, Hispanic, and African American Women: 1996–2000.” Cancer 109, no. S2 (January 15, 2007): 348–358.
Published
2024-01-29
How to Cite
Wahyuni, H., Hanun, N., & Khafidin, K. (2024). Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM Dapur Umik di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 67-74. https://doi.org/10.47492/eamal.v4i1.3040
Section
Articles