MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI PENDAPATAN TAMBAHAN KELUARGA BAGI CLEANING SERVICE OUTDOOR UNIVERSITAS RIAU

  • Nurul Sukriani STIE Persada Bunda
  • Setiawati Setiawati STIE Persada Bunda
  • Refni Sukmadewi STIE Persada Bunda
Keywords: Motivasi, Berwirausaha, Kreativitas

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini tingkat persaingan semakin tinggi baik dalam mencari pekerja maupun dalam mencari peluang pendapatan. Oleh karena itu kita tidak bisa tergantung kepada pemerintah, tapi hendaknya ada keinginan untuk berwirausaha. Salah satu cara berwirausaha adalah terlebih dahulu kita harus mempunyai jiwa berwirausaha dan mempunyai motivasi untuk berwirausaha, oleh karena itu perlu adanya pelatihan kewirausahaan. Bidang usaha difokuskan pada penciptaan produk dan jasa yang diminta pasar baik pasar input maupun pasar output dengan mengandalkan keunggulan kompetitif. Oleh karena itu perlu diupayakan program berkelanjutan untuk menumbuhkan mentalitas dan budaya bisnis, kreativitas disain produk, penyerapan kemajuan teknologi, serta pengetahuan dan keterampilan manajerial yang sesuai dengan tuntutan lingkungan bisnis yang terus berubah

References

[1] Yuyun dan Delli Gunarsa, 2011. Cerdas Mengemas Produk Makanan dan Minuman.
[2] Jakarta: Agro Media.
[3] Damayanti, C. 2015. Packaging the Brand. Modul Pelatihan. Rumah Kemasan Bandung
[4] Mekse, Gede, 2017. Diktat Kewirausahaan. Universitas Udayana: Program Studi Agrobisnis
[5] Sofiani dan Febriany, Kim, 2023. Pengetahuan Kewirausahaan di Bidang Pariwisata. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan. Vol. 7 No. 149-152
[6] Supit, Nadia dkk. 2022. Wirausaha Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Society Vol.2 No.3. ISSN 2337-4004
Published
2023-12-30
How to Cite
Sukriani, N., Setiawati, S., & Sukmadewi, R. (2023). MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI PENDAPATAN TAMBAHAN KELUARGA BAGI CLEANING SERVICE OUTDOOR UNIVERSITAS RIAU. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 397-400. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i3.3024