PELATIHAN MUSIK TALEMPONG LAGU GUA TARI PIRING DAN GUA INDANG PADA GRUP TALEMPONG UWAIK-UWAIK PAUAH SAIYO, KECAMATAN TANJUNG RAYA MANINJAU, PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Ediwar Ediwar Dosen Karawitan ISI Padang Panjang
  • Elizar Elizar Dosen Karawitan ISI Padang Panjang
  • Arnailis Arnailis Dosen Karawitan ISI Padang Panjang
  • Jufri Jufri Dosen Karawitan ISI Padang Panjang
  • Firman Firman Dosen Karawitan ISI Padang Panjang
Keywords: Talempong Pacik, Gua Tari Piring, Gua Indang, Interlocking, Hocketing

Abstract

Kegiatan pegabdian ini dilakukan untuk melestarikan seni budaya agar dapat bertahan dan lebih berkembang dimasa mendatang. Kegiatan pelatihan dilakukan terhadap para pemain grup music talempong “Uwaik-uwaik Pauah Saiyo” yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan menambah vokabuler repertoar musik talempong pacik pada grup Pauah Saiyo Jorong Pauah, Nagari Paninjauan. Genre musik Talempong Pacik Minangkabau memiliki dua teknik permainan, yaitu teknik permainan interlocking (kunci-mengunci atau berjalin), teknik permainan hocketing (satu melodi lagu dimainkan oleh beberapa orang). Pertunjukan Talempong Pacik berbentuk ansambel, karena pada umumnya dimainkan oleh musisi secara berkelompok. Konsep kelompok sangat penting dalam kehidupan jenis talempong tradisional tersebut. Kekompakan kelompok, baik dalam memainkan komposisi musik dan menghayati maupun dalam berkomunikasi pergaulan mereka sehari-hari. Lagu yang dilaksanakan dalam pengabdian ini adalah gua tari piring dan gua Indang. Metode dan teknik permainan ensambel musik Talempong Pacik adalah bersifat praktik, yang dengan posisi dipacik atau dipegang.

References

Ediwar, et.al. Pelatihan Musik Talempong Pacik Pada Masyarakat Grup Pauah SaiyoKabupaten Agam, Sumatera Barat. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI. ISSN: 2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 . Vol. 1 No. 12: Desember 2022.
Muhammad Zulfahmi, Ediwar, Yurnalis, Sriyanto, S. Anton. Pelatihan Dan Pertunjukan Musik Populer Minangkabau Dalam Kegiatan Pulang Basamo Dan Silaturahmi Masyarakat Nagari Jorong Paninjauan Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI. ISSN: 2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 . Vol. 1 No. 12: Desember 2022.
Hajizar, dkk. (1993). Talempong Tradisional Di Nagari Pitalah dan Bunga Tanjung. Laporan Penelitian. Padangpanjang: Akademi Seni Karawitan Indonesia.
Hanefi, Ediwar, Hajizar, Ardifal, Ediwar, dan Enida Kadir, (2004). Talempong Minangkabau Bahan Ajar Musik dan Tari. Bandung: P4ST UPI.
Herawati (200)3. “Transformasi Teknik Permainan Talempong.” Makalah. Padangpanjang: STSI Padang Panjang.
Jennifer A. Fraser. Gongs & Pop Song: Sounding Minangkabau In Indonesia. (Athens: Ohio University Press. 2015),
Tulus Handra Kadir .1993. “Teknik Interlocking Dalam Gaya Permainan Talempong Minangkabau di Desa Kubang Pipik Kecamatan Baso”, Skripsi, USU Medan,
Published
2023-12-22
How to Cite
Ediwar, E., Elizar, E., Arnailis, A., Jufri, J., & Firman, F. (2023). PELATIHAN MUSIK TALEMPONG LAGU GUA TARI PIRING DAN GUA INDANG PADA GRUP TALEMPONG UWAIK-UWAIK PAUAH SAIYO, KECAMATAN TANJUNG RAYA MANINJAU, PROVINSI SUMATERA BARAT. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 353-364. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i3.3002