PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAWANG GORENG BAGI MASYARAKAT DI DESA MENDATTE, KABUPATEN ENREKANG

  • Elihami Elihami Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Rista Astari Rusdin Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Ita Sarmita Samad Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Amal Amal Universitas Negri Makassar
  • Suharman Suharman Universitas Muhammadiyah Enrekang
Keywords: Pemasaran, Online, Produk

Abstract

Salah satu sentra komuditas bawang merah adalah Desa Mendatte. Potensi pengembangan hasil pertanian dan parawisata di sangat strategis mengingat Desa Mendatte merupakan daerah yang masuk dalam salah satu Desa pengembangan parawisata dan UKMK. Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra melalui pelatihan pemasaran online. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dengan mitra Kelompok Wanita Tani Indorangan dan Pemuda Sipakario. Hasil dari Pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan mitra terkait pemasaran online. Selain itu, Kelompok Tani mampu memanfaatkan media online dalam menjual produknya sehingga akan berpengaruh positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Mendatte, Kabupaten Enrekang.

References

[1] Apriadi. D, A.Y. Saputra. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI. Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi.
[2] Yusuf Bakri. Bahtiar,dkk. (2022). Pelatihan Pengelolaan Kelompok Tani sebagai Wadah Peningkatan Produktivitas Usaha Tani di Desa Marga Cinta Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan.
[3] Badan Pusat Statistik Kabupaten Enrekang. 2019. Kabupaten Enrekang dalam angka 2019. enrekangkab.bps.go.id diakses pada tanggal 10 November 2019
[4] Suharman, S., Nurhapisah, N., Rusdin, R. A., Jusran, J., Reski, R., & Sartika, D. (2022). Pelatihan Pengembangan Trichokompos Sebagai Inovasi Kewirausahaan dan Pemberdayaan Petani Milenial di Kabupaten Enrekang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 444-452.
[5] Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 18-21. https://ojs.literacyinstitute.org/index.php/ijcs/article/view/514. Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Petani. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.
[6] Wibowo, R.A. (2015). Kesuksesan E-commerce (Online Shopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Bisnis. 2(1), p. 1 – 52 Suradisastra, K. (2008).
Published
2023-11-29
How to Cite
Elihami, E., Rusdin, R., Samad, I., Amal, A., & Suharman, S. (2023). PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAWANG GORENG BAGI MASYARAKAT DI DESA MENDATTE, KABUPATEN ENREKANG. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 279-284. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i3.2885