BIODIVERSITAS DAN KEKERABATAN FENETIK ANTARA SPESIES ANGGOTA FAMILI ARACEAE BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGI DI KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Yan Piter Basman Ziraluo Universitas Nias Raya
  • Nofamataro Zebua Universitas Nias Raya
  • Ester Novi Kurnia Zebua Universitas Nias Raya
Keywords: Araceae, Karakter Morfologi, Kabupaten Nias Selatan, Budidaya

Abstract

Keberadaan tanaman Araceae yang tersebar luas di wilayah kabupaten Nias Selatan menjadi salah satu kekayaan flora yang sangat bernilai. Identitas dari tanaman ini masih belum dikenal karena keragaman jenis tumbuhan ini sangat banyak dan pembudiayaan masih kurang. Tujuan pengidentifikasian ialah untuk mengetahui keragaman dan hubungan kekerabatan fenetik antara anggota spesies Araceae berdasarkan karakter morfologi. Dalam mengidentifikasi, parameter yang digunakan ialah ciri morfologi dari akar, batang, daun, buah dan biji. Metode pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling dengan menggunakan analisis dank unci determinasi, morfometrik dan meristic, serta indeks similaritas dan disimilaritas. Hasil pengidentifikasian menunjukkan bahwa ada 6 kombinasi spesies yang memiliki kombinasi kekerabatan sangat dekat dengan nilai IS=0,92 sampai dengan 0,78 dan ID=8 sampai dengan 22. Sebaliknya terdapat 7 kombinasi spesies kekerabatan tidak dekat dengan nilai IS=0,50 sampai dengan 0,42 dengan ID=50 sampai dengan 54. Terdapat 10 spesies tumbuhan Araceae yang ditemukan di kawasan kabupaten Nias Selatan, yaitu Talas darat (Colocasia esculenta), Talas kimpu hitam (Xanthosoma sagittifolium), Keladi merah (Caladium bicolor), Sri rejeki (Aglaonema crispum), Keladi tikus (typonium flageforme), Janda bolong (monster adansonii), Keladi army look (Caladium sp), Talas ungu (Colacasia esculenta). Dengan mengetahui keragaman dan kerabatan antara aggota spesies Araceae, masyarakat luas dapat mengetahui kekerabatan anta spesies berdasarkan karakteristiknya dan juga semakin sadar pentingnya membudidayakan tanaman Aracea sebagai upaya pelestarian berkelanjutan

References

[1] Anania, A. mukarlina, Linda, R. 2017. Pertumbuhan dan Kandungan Pigmen Tanaman Keladi (Caladium bicolor Aiton Vent) pada Tanah yang Merkuri (HgCl2). Jurnal Protobiont, Vol.6(3):215–221. (https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jprb/article/view/22479/17862)
[2] Anwar, Wahyu E. S. 2018. Hubungan Kekerabatan Tumbuhan Talas (Family Araceaea) di Kawasan gunung Polontaga Desa hayahaya Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan IP), Universitas Negeri Gorontalo.
[3] Asih, Ni Putu Sri dan Kurniawan, Agung. 2019. Studi Araceae Bali : Keragaman Dan Potensinya. Jurnal Widya Biologi, Vol 10 No 02 (https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyabiologi/article/view/411)
[4] Binti Khoirul. 2013. Identifikasi Tumbuhan Famili Araceae di Cagar Alam Tangale Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.
[5] Lusyana, Farah. 2019. Hubungan Kekerabatan Fenetik 9 Spesies Anggota Familia Araceae. Skripsi program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala
[6] PUTRI, I Gusti Ayu Ricca Mahatma; DIRGAYUSA, I Gusti Ngurah Putra; FAIQOH, Elok. Perbandingan Morfometrik dan Meristik Lamun Halophila ovalis di Perairan Pulau Serangan dan Tanjung Benoa, Bali. Journal of Marine and Aquatic Sciences, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 213-224, nov. 2017. ISSN 2549-7103. Available at: . Date accessed: 04 aug. 2023. doi: https://doi.org/10.24843/jmas.2018.v4.i02.213-224.
[7] Selviana, A. Turnip, M dan Linda, R. 2018. Variasi Morfometrik dan Pengelompokan Spesies Kantong Semar (Nepenthes Spp.) di Desa Simpang Kasturi Kecamatan Mandor. Jurnal Protobion. Vol.7, No 2. (https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jprb/article/view/25295)
[8] Septiana, Fira Elsa. 2017. Daun keladi tikus (Typhonium flagelliforme (Lodd.) Blume) sebagai agen kemopreventif terhadap sel kanker serviks (HeLa) melalui regulasi Bcl-2. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.
[9] Sulistyowati, Putri V, Kendari, N dan Respatijarti. 2014. Observasi Keberadaan Tanaman Talas-Talasan Genus Colocasia Dan Xanthosoma Di Kec. Kedungkandang Kota Malang Dan Kec. Ampelgading Kab. Malang. Jurnal produksi Tanaman. Vol. 2 No. 2. (http://protan.studentjournal.ub.ac.id/index.php/protan/article/view/83)
Published
2023-05-15
How to Cite
Ziraluo, Y., Zebua, N., & Zebua, E. (2023). BIODIVERSITAS DAN KEKERABATAN FENETIK ANTARA SPESIES ANGGOTA FAMILI ARACEAE BERDASARKAN KARAKTER MORFOLOGI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 123-136. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i2.2763
Section
Articles