PENGOLAHAN MAKANAN PADAT GIZI BERBASIS PANGAN LOKAL KEPADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN BALITA STUNTING DI KABUPATEN TTS

  • Klaasvakumok Jehezkielomi Kamuri Universitas Nusa Cendana
  • Irience R.A. Manongga Universitas Nusa Cendana
  • Marianus S. Neno Universitas Nusa Cendana
  • Dominikus K.T. Aman Universitas Nusa Cendana
Keywords: Pangan Lokal, Rumah Tangga, Stunting

Abstract

NTT merupakan provinsi dengan prevalensi stunting tertinggi di Indonesia pada tahun 2021, dan Kabupaten TTS dengan prevalensi sebesar yakni 37,8%. Salah satu penyebab adalah pola konsumsi makanan bergizi yang belum memadai. Pemanfaatan pangan lokal di TTS untuk tujuan konsumsi menjadi makanan yang diminati belum banyak dilakukan. Pengolahan pangan lokal di tingkat rumah tangga belum berkembang dengan baik, dan masyarakat belum memiliki pemahaman yang baik terkait pengolahan pangan lokal untuk meningkatkan nilai gizi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mempersiapkan makanan bergizi menggunakan bahan pangan local serta memperkuat pemanfaatan sumber daya lokal kepada ibu rumah tangga yang memiliki balita stunting denga metode lokakarya, pelatihan dan pendampingan teritegrasi pada keluarga / rumahtangga sasaran. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan baru kepada ibu rumah tangga sasaran mengenai bahan pangan lokal yang bergizi sert cara pengolahannya, memberi pemahaman baru dan perubahan mainset kepada rumah tangga sasaran potensi bahan pangan lokal yang ada di Kabupaten TTS sehingga dapat meningkatkan ketahanan keluarga. Selain itu kegiatan ini dapat menjadi model yang bisa diadopsi oleh pemerintah Kabupaten TTS sebagai upaya penanggulangan stunting.

References

Hadiyanti Puji, 2008, Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keterampilan Produktif Di Pkbm Rawasari Jakarta Timur. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan Volume 17 Nomor 09, Halaman 90-99
Fallo Yaberni. K, Lango Alfetri, dan Hendrik Ernantje. 2019. Akses Dan Ketersediaan Pangan Pokok Pada Rumah Tangga Petani Di Desa Napi Kecamatan Kie Kabupaten Timor Tengah Selatan. Buletin Excellentia Volume VIII Nomor 1, Halaman 52-59.
Manongga, S.P, 2021, Ketahanan Pangan dan Gizi, Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Manongga, S.P. Dkk, 2008, Status Gizi dan Kesehatan Masyarakat Pollen di Timor Tengah Selatan, Vol 2 Jilid 20, Hal 135-155.
Nurani, 2003, Modul Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahayu Atikah, Yulidasari Fahrini, Putri Andini.O dan Anggraini Lia, 2018, Studi –Guide: Stunting Dan Upaya Pencegahannya Bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Yogyakarta: CV. Mine.
Subaedi, 2003, Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik, Jakarta: Interpratama Mandiri.
Suprijanto, 2007, Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Banjarbaru: Bumi Aksara.
Published
2023-05-14
How to Cite
Kamuri, K., Manongga, I., Neno, M., & Aman, D. (2023). PENGOLAHAN MAKANAN PADAT GIZI BERBASIS PANGAN LOKAL KEPADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN BALITA STUNTING DI KABUPATEN TTS. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 73-80. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i2.2573
Section
Articles