PKM PENGENALAN PEMETAAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN APLIKASI QUANTUM GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM BAGI APARAT PEMERINTAHAN DI KELURAHAN RAHANDOUNA KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

  • La Ode Hadini Universitas Halu Oleo
  • La Ode Restele Universitas Halu Oleo
  • Nurgiantoro Nurgiantoro Universitas Halu Oleo
  • Ahmad Hidayat Universitas Halu Oleo
Keywords: Aplikasi QGIS, Aparat Pemerintahan, Masyarakat Partisipatif, Pemetaan

Abstract

PKM Pengenalan pembuatan peta, salah satu upaya meningkatkan kinerja aparat pemerintahan di kelurahan Rahandouna dalam rangka pembangunan berbasis geospasial. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan aparat pemerintahan di kelurahan dan masyarakat partisipatif dalam pemetaan dan mendukung pembangunan kelurahan berbasis peta.

PKM dilakukan dalam bentuk pelatihan menggunakan metode Focus Group Discussion berupa ceramah, demonstrasi dan tanya tanya jawab. Ceramah digunakan dalam menjelaskan konsep-konsep pemetaan, data spasial, kaidah kartografis dan Sistem Informasi Geografis. Demonstrasi untuk menunjukkan prosedur kerja komponen SIG dan data geospasial serta  analisis dan cara penyajiannya berupa peta menggunakan aplikasi QGIS. Sementara itu, pendampingan klinis untuk memfasilitasi peserta mengkonfirmasikan kendala dan kesulitan yang dihadapi dalam pemetaan. Hasil pelatihan ini adalah terwujudnya indikator keberhasilan dan ketercapaian tujuan dan target pelatihan berupa peningkatan kemampuan peserta mitra dalam penguasaan materi pembuatan peta secara partisipatif sesuai kaidah kartografi dan pemggunaan aplikasi SIG QGIS yang bermanfaat mendukung pembangunan berbasis data geospasial di kelurahan Rahandouna.

Author Biographies

La Ode Hadini, Universitas Halu Oleo

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

La Ode Restele, Universitas Halu Oleo

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

Nurgiantoro Nurgiantoro, Universitas Halu Oleo

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

Ahmad Hidayat, Universitas Halu Oleo

Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian

References

[1] Anggriani, P., Adyatma, S., Saputra, A.N., dan Munaya R.A. 2019. Pengenalan Pembuatan Peta Bagi Guru Geografi SMAN Se Kota Banjarmasin. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
[2] Aronoff S. 1989. Geographic Information System: A Management Perspective. WDL Publication Ottawa Canada.
[3] Barus, B., dan Wiradisastra, U.S. 2000. Sistem Informasi Geografi: Sarana
Manajemen Sumberdaya. Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi Jurusan Tanah Fakultas Pertanian IPB. Bogor.
[4] Burrough. 1986. Principles of Geographical Information System for Land Resources Assesment. Clazendon Press Oxford.
[5] Dulbahri. 1999. Sistem Informasi Geografis. Pendidikan PUSPICS Reguler Angkatan XXIV. Kerjasama PUSPICS Fakultas Geografi UGM dengan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional.
[6] Hanafi, Bachtyar, M. and Perdana, A.P. 2015. Pengenalan Quantum Gis Untuk Pengelolaan Basisdata Nama Rupabumi Bagi Panitia Pembakuan Nama Rupabumi Provinsi Dan Kabupaten/Kota, Jurnal Buletin Kesehatan, 2(4), pp. 1–4.
[7] Perdana, A.P., 2011. Pengelolaan Informasi Geospasial Berbasis GIS Open Source.
[8] Prahasta, E. 2002. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Penerbit
Informatika. Bandung.
[9] Perdana, A.P., 2011. Pengelolaan Informasi Geospasial Berbasis GIS Open Source.
[10] Purwantoro. S, Sumunar, D.R.S., dan Khotimah, N. 2009. Pelatihan Sistem Informasi Geografi (SIG) Untuk Peningkatan Kinerja Guru Geografi SMA di Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Dosen. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
[11] Yousman, Y. 2004. Sistem Informasi Geografis dengan Map Info. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
Published
2023-01-01
How to Cite
Hadini, L. O., Restele, L. O., Nurgiantoro, N., & Hidayat, A. (2023). PKM PENGENALAN PEMETAAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN APLIKASI QUANTUM GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM BAGI APARAT PEMERINTAHAN DI KELURAHAN RAHANDOUNA KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17-24. https://doi.org/10.47492/eamal.v3i1.2401
Section
Articles