PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI BAGI MASYARAKAT DESA WINONGO MELALUI RUMAH BACA

  • Parji Parji Program Studi Magister Pendidikan IPS,Pascasarjana,Universitas PGRI Madiun
  • Nurhadji N Program Studi Magister Pendidikan IPS,Pascasarjana,Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah M Program Studi Magister Pendidikan IPS,Pascasarjana,Universitas PGRI Madiun
  • Defiliana Defiliana Program Studi Magister Pendidikan IPS,Pascasarjana,Universitas PGRI Madiun
  • Salsabila Salsabila Program Studi Magister Pendidikan IPS,Pascasarjana,Universitas PGRI Madiun
Keywords: Pendampingan, Gerakan Literasi, Masyarakat

Abstract

Program kegiatan HIMA-MPIPS pada pengabdian masyarakat ini mengutamakan praktek konkret di masyarakat, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Pada masa pandemi Covid 19 ini program kerja tetap dilaksanakan namun dengan protokol kesehatan dan mengikuti peraturan yang berlaku terkait pengerahan personil di lapangan untuk mencegah penyebaran covid 19. Bentuk peran serta aktif mahasiswa pada kegiatan ini selama pandemi Covid-19 di Universitas PGRI Madiun yakni dengan pengabdian di sekolah melalui Literasi dan Numerasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh program studi Magister Pendidikan IPS UNIPMA Bersama dengan HIMA-MPIPS di lokasi tempat mahasiswa berdomisili. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah upaya pendampingan Gerakan literasi masyarakat di Desa Winongo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun.  Gerakan literasi ini meliputi literasi membaca dan literasi stunting. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini bahwa dengan adanya  pemahaman terhadap literasi yang ada membantu masyarakat dapat lebih handal dalam menemukan solusi terhadap permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

References

S. Syafrida, “Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 6, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i6.15325.
2) F. D. S. Sumantyo, “Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 81–92, 2020, doi: 10.31599/jki.v1i1.266.
3) D. H. Santoso and A. Santosa, Dalam Ragam Tinjauan. 2020.
4) Kemdikbud.go.id,"Gerakan Literasi Nsional". https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tentang gln/.(Diakses Pada Senin 11 Oktober 2021)
5) P. Kemandirian et al., “PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI KKN MERDEKA BELAJAR DALAM Community Development Through Independent Learn KKN in The Middle Of Pandemi Covid 19 in Warmare District , Manokwari Regency Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan , Universitas Papua Kabupa,” J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, 2020.
6) D. I. Rahayunintyas and D. R. Yuliyani, “PENGEMBANGAN MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI Dian Ikawati Rahayuningtyas , Devy Riri Yuliyani Pendahuluan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) Merupakan program Kemendikbud yang diterbitk,” J. Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 1, pp. 63–74, 2020.
7) O. Supriadi, “Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar,” J. Tabularasa PPS Unimed, vol. 6, no. 1, pp. 27–38, 2009.
8) E. Andina, “Di Sekolah Dasar,” vol. VI, no. 09, pp. 1–10, 2014.
Published
2021-01-01
How to Cite
Parji, P., N, N., M, I., Defiliana, D., & Salsabila, S. (2021). PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI BAGI MASYARAKAT DESA WINONGO MELALUI RUMAH BACA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49-54. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i1.1812
Section
Articles