PELATIHAN KETARAMPILAN DASAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA PEMEPEK

  • Zaeniah Zaeniah Universitas Teknologi Mataram
  • Zaenul Muttaqin Universitas Teknologi Mataram
  • Lalu Delsi Samsumar Universitas Teknologi Mataram
  • M. Budiamin Universitas Teknologi Mataram
  • M. Yusuf Universitas Teknologi Mataram
Keywords: Pelatihan, Perangkat Desa Pemepek, Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer

Abstract

Seorang perangkat desa harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat perangkat desa harus mampu menggunakan teknologi informasi untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Permasalahan yang muncul pada desa Pemepek adalah perangkat desa belum terampil dalam mengoprasikan komputer dan internet serta rendahnya pengetahuan perangkat desa tentang sistem administrasi berbasis komputer dan arsip digital. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan perangkat desa pemepek dalam bidang teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah studi lapangan dan diskusi, praktek dan pendampingan oleh tim dari Universitas Teknologi Mataram. Hasil dari pengabdian ini adalah Perangkat desa mampu menjelaskan tentang keterampilan dasar komputer dan teknologi informasi, mampu mengoperasikan microsot word dan microsoft excel, mampu menggunakan fitur mail merge dan mampu menyimpan data pada google drive.

References

[1] D. Kartini, “Upgrade Skill Komputer Perangkat Desa Pemakuan,” Vol. 4, Pp. 7–11, 2019.
[2] S. J. Putra, “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa Se-Kecamatan Gangga,” Vol. 1, No. 2, Pp. 56–59, 2021.
[3] R. S. S, I. Zulfa, F. Teknik, U. Gajah, B. Bebangka, And T. A. Tengah, “Pelatihan Ilmu Informasi Dan Teknologi Komputer Dalam Meningkatkan Kemampuan Administrasi Perangkat Desa Tan Saril Sedangkan Untuk Pembuatan Banner Dapat Menggunakan Aplikasi Corel Draw . Pengguna Untuk Membantu Membuat Sebuah Dokumen ( Misalnya Surat ) Yang Isinya Sama,” Vol. 1, No. 1, Pp. 1–7, 2020.
[4] A. N. Johan And A. Ngafif, “Pelatihan Komputer Ms Office Bagi Remaja Anggota Karang Taruna Di Desa Polowangi Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo,” Vol. 5, No. 1, Pp. 54–58, 2021.
[5] A. P. Sembiring Et Al., “Pkm Penerapan Teknologi Sistem Informasi Manajemen Desa Untuk Meningkatkan Pelayanan Yang Prima Kepada Masyarakat Pada Desa. Perbulan, Kec. Lau Balang, Kab. Karo, Sumut,” Vol. 2, No. 1, Pp. 71–76, 2022.
[6] Y. M. Jamun, “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi,” 2019.
Published
2022-06-06
How to Cite
Zaeniah, Z., Muttaqin, Z., Samsumar, L., Budiamin, M., & Yusuf, M. (2022). PELATIHAN KETARAMPILAN DASAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA PEMEPEK. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1453-1458. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1690
Section
Articles