Pelatihan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Satu Gambar bagi Guru RA As-Siddiq Kota Bekasi

  • Achmad Abimubarok Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Abdul Rahman Jupri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Prima Gusti Yanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Bercerita, Media Satu Gambar, Anak Usia Dini

Abstract

Learning loss merupakan salah satu dampak yang harus ditangani oleh para guru RA As-Siddiq selama melaksanakan pembelajaran daring. Tujuan dari pelatihan ini adalah mengoptimalkan keterampilan bercerita para guru agar siswa dapat termotivasi untuk belajar dan menanamkan nilai-nilai karakter. Penggunaan media satu gambar ditujukan agar memudahkan guru dalam mendapatkan media bercerita.  Pelatihan ini dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu koordinasi, pendataan peserta, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa keterampilan bercerita guru telah memiliki keunggulan setelah diberikan materi dan latihan. Guru sudah mampu mengeksplorasi gaya, penyampaian, dan isi cerita dengan baik. Media satu gambar yang digunakan pun berhasil dieksplorasi dengan menjadikan gambar tersebut sebagai bahan interaksi kepada siswa, seperti bentuk, warna, latar, dan sebagainya.

References

Fatmawati, Ema, Ema Huzaimah, and Heni Nafiqoh. “Mengembangkan Nilai Moral Dan Disiplin Aud Melalui Metode Bercerita.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 1, no. 2 (2018): 41.
Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 3 (2020): 465–503.
Herminastiti, Rini, Andi Musda Mapappoleonro, and Ratih Jatiningsih. “Peningkatan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita.” Instruksional 1, no. 1 (2019): 43.
Humaira, Megan Asri, Deski Halim Sudjani, Mega Febriani Sya, Syukri Indra, Didin Syamsudin, and Radif Khotamir Rusli. “Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 5, no. 3 (2021): 547–552.
Inayah, Faidhul, and Aprianti Haris. “Peranan Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Nilai Moral Anak Di Kelompok B1 TK Mantukulore Lasoani Kota Palu.” Jurnal Bungamputi 7, no. 2 (2021): 106–118.
Kurniawati, Luh Putu Ria, Luh Ayu Tirtayani, and I Wayan Darsana. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok B Di PAUD Gugus Anggrek, Kuta Utara.” e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2018): 272–281.
Maharwati, Ni Komang. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita.” Journal of Education Technology 2, no. 1 (2019): 6–12.
Muti’ah, Anita Trisiana, Agus Setiawan, and Lasmini. “Penanaman Pendidikan Antikorupsi Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 21, no. 2 (2021): 121–127.
Pratiwi, Wahyu Dewi. “Dinamika Learning Loss: Guru Dan Orang Tua.” Jurnal Edukasi Nonformal 2, no. 1 (2021): 147–153.
Sarayati. “Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak TK B Dewi Sartika Sintang.” DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2018): 45–55.
Sutriarti, Sutriarti, and Supardi Supardi. “The Effect of Storytelling Using Hijaiyah Letters on the Development of Early Childhood Motivation at PAUD Al Mujannah Pakuhaji Tangerang.” INTELEKTIUM 2, no. 2 (September 22, 2021): 220–223. https://journal.neolectura.com/index.php/intelektium/article/view/420.
Widayati, S., and N. D. Simatupang. “Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak.” Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini) 1, no. 1 (2019): 53–59.
Zahro, Mar’atul Fatimatuz, Iklila Febrianti Fiorentisa, and Aisyaroh Fatini. “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan.” PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 14–21.
Published
2022-05-20
How to Cite
Abimubarok, A., Jupri, A., & Yanti, P. (2022). Pelatihan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Satu Gambar bagi Guru RA As-Siddiq Kota Bekasi. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1419-1426. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1587
Section
Articles