PENDAMPINGAN DALAM MERANCANG APLIKASI PERSEDIAAN BERBASIS EXCEL PADA KOPERASI SERBA USAHA ZAITUN

  • Kusuma Indawati Halim Universitas Widya Dharma Pontianak
Keywords: Aplikasi Persedian, Laporan Persediaan, Stok Persediaan

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut setiap badan usaha untuk beradaptasi terhadap perubahan ini sehingga dapat mendukung kemajuan usahanya. Perusahaan yang maju adalah perusahaan yang mampu mengambil keputusan yang tepat untuk kegiatan usahanya. Keputusan ini didasarkan pada laporan yang dihasilkan setiap akhir periode. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketampilan mitra dalam mengelola persediaan melalui aplikasi persediaan berbasis excel. Dengan tersedianya aplikasi persediaan ini diharapkan dapat mempermudah mitra dalam proses penginputan dan pencarian data barang, mengontrol stok persediaan, dan menyajikan laporan persediaan secara tepat waktu dan akurat. Kegiatan ini menunjukkan hasil yang positif yaitu meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam beradaptasi dengan aplikasi excel dan mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang tersaji pada laporan persediaan.

References

[1] Carlberg, Conrad. “Excel for Accountants”. Philadelphia: CPA911 Publishing, LLC, 2007.
[2] Clauss, Francis J. “Corporate Financial Analysis with Microsoft Excel”. United States: The McGraw-Hill Companies, Inc, 2010.
[3] Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. “Intermediate Accounting IFRS Edition”. Third Edition. Singapore: Wiley, 2018.
[4] Romney, M. B., & Steinbart, P. J. “Sistem Informasi Akuntansi”. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Salemba Empat, 2016.
[5] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian.
[6] Widoyoko, Eko Putro. “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Published
2022-05-20
How to Cite
Indawati Halim, K. (2022). PENDAMPINGAN DALAM MERANCANG APLIKASI PERSEDIAAN BERBASIS EXCEL PADA KOPERASI SERBA USAHA ZAITUN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1387-1394. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1583
Section
Articles