PELATIHAN DAN SEMINAR E-MARKETING PADA PELAKU UMKM DESA PESAWAHAN, PORONG, KABUPATEN SIDOARJO

  • Erlin Iriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
  • Rita Alvin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
  • Listyana Listyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
  • Nur Sitti Khumairoh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol
Keywords: Manajemen, Marketing.

Abstract

Desa Pesawahan secara geografis mempunyai lokasi yang strategis dengan dikelilingi beberapa desa. Secara demografis penduduk desa Pesawahan yang berwiraswata sebanyak 235 orang dan yang berdagang sebanyak 98 orang. Potensi dari pelaku UMKM  untuk mengembangkan usahanya belum optimal dikarenakan adanya beberapa permasalahan yang dihadapi. Hasil survey menemukan 3 permasalahan utama yaitu, minimnya pengetahuan tentang manajemen usaha kecil, minimnya pengetahuan tentang marketing dan minimnya pengetahuan tentang tehnologi. Berdasar permasalahan tersebut, maka program KKN STIE Gempol mengadakan penyuluhan dan pelatihan serta seminar untuk memberi solusi pada permasalahan tersebut. Pelaku UMKM sangat antusias mengikuti penyuluhan, pelatihan dan seminar. Dan pada penutupan program KKN  peserta/pelaku UMKM  sudah dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat.

References

[1] David, Fred R., Manajemen Strategis Konsep, 2010, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
[2] Yustika, Ahmad Erani, Perekonomian Indonesia Memahami Masalah Dan Menetapkan Arah, 2014, Malang : Penerbit Selaras.
[3] Sukirno,Sardono, Mikro Ekonomi Teori Pengantar, 2016, Jakarta : Rajawali Pers.
[4] http://id.scribd.com 10 & 11.SCM & E-COMMERCE
[5] https://majoo.id Market Place adalah : Mengenal Market Place dan Contohnya
Published
2022-05-20
How to Cite
Iriani, E., Alvin, R., Listyana, L., & Sitti Khumairoh, N. (2022). PELATIHAN DAN SEMINAR E-MARKETING PADA PELAKU UMKM DESA PESAWAHAN, PORONG, KABUPATEN SIDOARJO. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1331-1334. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/1578
Section
Articles