PENGENALAN STRATEGI MARKETING DALAM PENGEMBANGAN BISNIS (UMKM BINAAN JAKPRENEUR) DI PROVINSI DKI JAKARTA

  • Siti Mariam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Esa Unggul
Keywords: UMKM, Strategi Marketing, pengembangan binis

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini  bertujuan  untuk mengenalkan strategi  marketing  baik secara offline (konvensional) maupun secara online dalam pengembangan bisnis kepada pelaku UMKM di Provinsi DKI Jakarta. Mitra dalam pengabdian ini adalah pelaku UMKM binaan Jakpreneur di Provinsi DKI Jakarta.  Masalah utama yang dihadapi mitra ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produk yang dihasilkan baik secara konvensional (offline) maupun secara online. Rendahnya pengetahuan pemasaran berdampak pada rendahnya volume penjualan yang berpengaruh bagi pengembangan bisnis. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melalui program klinik konsultasi pendampingan yang didukung oleh praktisi/akademisi dibidang marketing. Target program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan mitra baik terkait strategi marketing dan kemampuan dalam penerapan digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan ceramah materi pengenalan strategi marketing baik secara konvensional maupun digital marketing. Hasil kegiatan memperlihatkan antusias peserta yang hadir dengan jumlah 657 pelaku UMKM, sejak awal memerhatikan dan mengikuti semua rangkaian acara hingga selesai dan aktif memberikan beberapa pertanyaan.

References

[1] BPS, DKI. Beritajakarta.id, 2020.
[2] Damanik, E. (2013). Pengertian Volume Penjualan. PT. Indeks Kelompok Gramedia , Jakarta.
[3] Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.
[4] Hendriadi, A.A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4 (2).
[5] Kotler, Philip dan Armstrong, Gray. (2014). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14. Jilid 1. Jakarta, Erlangga.
[6] Kotler, Philip, Armstrong, Gary, Opresnik, M. O. 2015. Marketing.
[7] Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing terhadap Organiational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 12 (2). 101 – 112 pp. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112
[8] Rosyid, A. (2010). Pengertian Volume Penjualan. Jurnal Analisis Laporan Keuangan
Published
2022-05-20
How to Cite
Mariam, S. (2022). PENGENALAN STRATEGI MARKETING DALAM PENGEMBANGAN BISNIS (UMKM BINAAN JAKPRENEUR) DI PROVINSI DKI JAKARTA. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1199-1206. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i2.1552
Section
Articles